Produsen komponen otomotif ini mengklaim pengembangan Help Connect didasari risiko fatalitas bikers itu 20 kali lebih tinggi daripada pengendara mobil. Bosch
Produsen komponen otomotif ini mengklaim pengembangan Help Connect didasari risiko fatalitas bikers itu 20 kali lebih tinggi daripada pengendara mobil. Bosch

Teknologi Otomotif

Fitur Help Connect, Bantu Bikers yang Kecelakaan

Otomotif teknologi otomotif
Ekawan Raharja • 10 Juni 2020 08:38
Stuttgart: Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor masih jamak ditemui di berbagai belahan dunia, bahkan termasuk di Indonesia. Tentu kecelakaan dengan sepeda motor harus disikapi lebih baik dan segera mendapatkan pertolongan karena risiko yang dihadapi lebih besar.
 
Bosch mencoba membuat terobosan bagi para bikers dengan membuat fitur Help Connect. Secara mudahnya, fitur ini adalah sistem panggilan darurat saat sebuah sepeda motor mengalami kecelakaan.
 
Help Connect memanfaatkan inersia sensor stability control dan intelligent crash algoritma untuk mendeteksi terjadinya kecelakaan. Selanjutnya apabila terjadi kecelakaan, sensor ini akan menjadi pemicu gawai yang dikoneksikan untuk mengirimkan informasi kepada nomor darurat yang sudah di atur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Informasi yang dikirimkan nanti menunjukkan posisi terjadinya kecelakan dan data medis ke layanan darurat. Help Connect juga secara otomatis menghubungi keluarga bikers untuk dapat melakukan respon darurat.
 
"Jika terjadi kecelakaan parah dan bikers kemudian tidak merespons, layanan darurat segera diarahkan ke tempat kejadian. Karena smartphone sifatnya melekat pada tubuh, bikers yang mengalami kecelakaan tentu dapat dengan cepat ditemukan sekalipun jika mereka terlempar dari sepeda motor saat kecelakaan," jelas pihak Bosch.
 
Produsen komponen otomotif ini mengklaim pengembangan Help Connect didasari risiko fatalitas bikers itu 20 kali lebih tinggi daripada pengendara mobil. Sehingga akhirnya mereka berinisiatif untuk menekan risiko kecelakaan, khususnya kecelakaan sepeda motor di Jerman.
 
Mereka sudah melakukan uji coba fitur Help Connect terhadap berbagai jenis kecelakaan sepeda motor di Jerman. Hasilnya cukup memuaskan dan fitur ini bisa bekerja dengan cukup baik.
 
Ada kemungkinan fitur ini juga bisa diterapkan untuk Indonesia. Mengingat angka kecelakaan sepeda motor di Tanah Air tergolong tinggi. Sepeda motor masih tercatat penyumbang terbesar angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, dengan jumlah 35.980 pada triwulan II 2019, menurun dari periode sebelumnya pada triwulan I 2019, 36.358.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif