FDR melakukan sosialisasi nilai-nilai riding culture kepada ribuan bikers dari berbagai klub di FDR Day Sabtu (9/3/2019). FDR
FDR melakukan sosialisasi nilai-nilai riding culture kepada ribuan bikers dari berbagai klub di FDR Day Sabtu (9/3/2019). FDR

Menanamkan Nilai-Nilai Berkendara Melalui Komunitas Otomotif

Otomotif klub motor safety riding
Ekawan Raharja • 11 Maret 2019 15:24
Malang: Sosialisasi mengenai nilai-nilai yang harus dijunjung ketika berkendara memang harus dilakukan oleh segenap lapisan masyarakat, bukan hanya pihak kepolisian saja. Para produsen sepeda motor, bahkan produsen komponen sepeda motor juga memiliki andil untuk menyebarluaskan nilai-nilai ketika berkendara yang menjadi bagian dari safety riding kepada seluruh masyarakat Indonesia.
 
Salah satunya seperti produsen ban, FDR, yang aktif mengkampanyekan keselamatan berkendara dan juga memiliki kampanye untuk mengingatkan akan pentingnya menjunjung nilai-nilai ketika berkendara. Produsen ban lokal itu melakukan sosialisasi nilai-nilai riding culture kepada ribuan bikers dari berbagai klub di FDR Day Sabtu (9/3/2019).
 
“Ada tiga nilai yang diusung dalam FDR Riding Culture, yaitu safety, care dan respect atau keselamatan, kepedulian dan saling menghormati,” kata Direktur Marketing PT Surayaraya Rubberindo Industries, Chamilus Ali Santo, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menanamkan Nilai-Nilai Berkendara Melalui Komunitas Otomotif
 
Nilai pertama yakni Safety atau keselamatan, dimana saat berkendara kita harus senantiasa mengutamakan keselamatan berkendara, baik keselamatan diri kita sendiri, begitu juga pengguna jalan lainnya. Selanjutnya care yang berarti rasa kepedulian terhadap sesama maupun lingkungan hidup.
 
“Banyak dari kita yang suka lupa naik sepeda motor sambil makan-minum lalu kemasannya dibuang begitu saja di pinggir jalan. Ayo tunjukkan bahwa kita adalah pengendara motor yang peduli lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya,” sambung Chamilus.
 
Kemudian nilai respect adalah saling menghormati juga menjadi hal yang sangat penting bagi kita pengendara motor untuk menghargai pengguna jalan lain. Memberi jalan bagi yang lebih membutuhkan, seperti ambulance atau pemadam kebakaran.
 
Menanamkan Nilai-Nilai Berkendara Melalui Komunitas Otomotif
 
“Deklarasi FDR Riding Culture ini juga bagian dari FDR untuk berpartisipasi menyukseskan Millenial Road Safety Festival yang diadakan oleh kepolisian."
 
Kegiatan sosialisasi nilai-nilai berkendara juga kerap dilakukan oleh produsen ban lainnya. Sebut saja Michelin yang juga aktif mengkampanyekan nilai-nilai berkendara melalui kegiatan safety riding, atau Goodyear yang juga peduli terhadap keselamatan para pengguna jalan di Indonesia. Meski mereka memiliki metode yang berbeda-beda, namun mereka memiliki satu benang merah yang sama yakni peduli akan keselamatan pengguna jalan raya di Indonesia.
 
Bila merujuk data kecelakaan milik Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia per Oktober - Desember 2018, ada 28.727 kejadian kecelakaan lalu lintas. Kemudian untuk jenis kendaraannya, sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak terlibat dibandingkan mobil ataupun truk.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif