Industri Otomotif

Tahun Lalu, Penjualan Motor Nyaris Capai 6 Juta Unit

Ainto Harry Budiawan 12 Januari 2018 14:07 WIB
penjualan motor
Tahun Lalu, Penjualan Motor Nyaris Capai 6 Juta Unit
Penjualan motor tahun lalu turun dibandingkan tahun sebelumnya. Dok. Medcom
Jakarta: Kondisi ekonomi Indonesia belum membaik, hal ini ikut mempengaruhi gairah industri sepeda motor nasional. Buktinya tahun lalu penjualan kendaraan roda dua secara nasional mengalami penurunan.

Penjualan sepeda motor Indonesia tahun lalu hanya mencapai angka 5,88 juta unit, turun 0,76 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hanya Honda dan Suzuki yang mengalami peningkatan penjualan tahun lalu.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI), Honda meningkat tipis 0,11 persen. Sementara Suzuki naik signifikan, hingga 27,04 persen, apalagi jika bukan berkat duo GSX-150.

Untuk penurunan penjualan, Yamaha paling sedikit dengan 3,29 persen. Lalu Kawasaki 19,45 persen, paling buruk adalah TVS yang persentase penurunannya sampei minus 37,21 persen dari tahun sebelumnya.


Soal jenis motor, skutik masih mendominasi sangat kuat. Motor dengan transmisi otomatis ini menguasai hingga 82,37 persen. Tipe sport menyusul dengan 9,20 persen dan bebek 8,43 persen.

Hasil ini menandakan segmen bebek semakin tergerus, dan kini sudah dilewati oleh segmen motor sport. Meski pasarnya kian mengecil, pabrikan masih memproduksi motor jenis ini karena masih dicari dibeberapa daerah.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id