Ilustrasi berkendara sepeda motor gede. HOG Anak Elang Jakarta Chapter
Ilustrasi berkendara sepeda motor gede. HOG Anak Elang Jakarta Chapter

Lalu Lintas

Keselamatan Berkendara Di Jalan Raya Tanggung Jawab Bersama

Otomotif lalu lintas keselamatan berkendara safety riding IMI Indonesia HOG Anak Elang Jakarta Chapter Bambang Soesatyo
Ekawan Raharja • 02 Desember 2021 14:00
Jakarta: Terjadinya kecelakaan lalu lintas kerap ditemui sehari-hari, mulai yang melibatkan kendaraan roda dua hingga lebih. Ikatan Motor Indonesia (IMI) menegaskan untuk meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya membutuhkan tanggung jawab bersama dari seluruh pengguna jalan.
 
Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, menyebutkan organisasi yang dipimpinnya memiliki komitmen terhadap keselamatan berkendara dan menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan NKRI, Pancasila, serta pariwisata Indonesia melalui berbagai kegiatan komunitas otomotif telah ditegaskan dalam anggaran dasar. Disebutkan salah satu tujuan dibentuknya IMI adalah untuk mensosialisasikan dan mengedukasi cara berkendaraan yang baik dan aman kepada komunitas otomotif untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas di jalan umum, menjaga NKRI, Pancasila, dan Pariwisata Indonesia.
 
"Tidak hanya dalam tataran retorika, IMI juga menghadirkan manifestasi nyata dari kepedulian terhadap keselamatan berkendara. Antara lain melalui peluncuran buku 'Panduan Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok', sebagai pedoman klub dan komunitas pada saat melakukan touring. Peluncuran buku panduan ini sangat bermanfaat sebagai sarana edukasi berkendara yang baik, benar, dan aman," jelas pria yang akrab di sapa Bamsoet melalui keterangan resminya.
 
Ketua Dewan Pembina klub motor Motor Besar Indonesia (MBI) ini menerangkan pelatihan keselamatan berkendara sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas pengguna kendaraan bermotor. Mengingat sebagian besar kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh faktor pengendara. Antara lain karena pengetahuan berkendara yang tidak memadai, perilaku dan mentalitas berkendara yang belum dewasa, serta ketidakpatuhan terhadap aturan dan rambu-rambu lalu lintas.
 
"Keselamatan berkendara adalah tanggungjawab bersama seluruh pengguna jalan, termasuk bagi pengguna kendaraan bermotor. Semua pengguna jalan, tanpa terkecuali, betapa pun sangat beragam latar belakang dan kelas sosial ekonominya, harus mempunyai paradigma dan cara pandang yang sama dalam berkendara bahwa keselamatan adalah yang paling utama," ucap Bamsoet.
 
Halaman Selanjutnya
  Dia juga menyinggung aksi…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif