Mental juara sangat penting dalam tembibitan pembalap muda. Dorna Sport
Mental juara sangat penting dalam tembibitan pembalap muda. Dorna Sport

Mental Pembalap Juara, Wajib Diasah sejak Dini

Otomotif balap motor
Ekawan Raharja • 30 Oktober 2018 16:08
Jakarta: Sekarang ini semakin banyak bibit-bibit pembalap muda Indonesia. Tentunya mereka harus memiliki sejumlah hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pembalap kelas dunia.

Team Manager Gresini Racing, Fausto Gresini menjelaskan, pembibitan pembalap harus dilakukan sedari dini. Salah satunya melalui sekolah balap yang sudah banyak tersebar di berbagai daerah di masing-masing negara.

"Ketika masuk ke sekolah balap, mental harus terus dilatih. Ini penting karena kunci untuk menjadi juara ada di situ," ucapnya kepada Medcom.id Selasa (30/10/2018) di Daun Muda Soulfood Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Selain itu dia membeberkan beberapa kunci lainnya seperti semangat, determinasi, konsentrasi, dan kemauan diperlukan untuk menjadi juara di lintasan balap. Hal ini diakuinya jauh lebih penting dari sekadar gaya balap atau juga teknik. "Gaya balap atau teknik penting. Hanya saja mental harus dipersiapkan lebih baik diasah sedari dini. Poin lainnya juga determinasi, konsentrasi, dan hal-hal lainnya itu juga kunci penting untuk menjadi juara," ujar mantan dua kali juara dunia di kelas GP 125 cc tersebut.

Hingga kini, Fausto dan keluarganya, masih melakukan pembibitan untuk pembalap-pembalap muda di Italia. Mereka melakukan banyak pembibitan pembalap mulai dari umur 9 tahun.

Di Indonesia akhir-akhir ini juga memiliki banyak pembalap muda berbakat. Sebut saja Imanuel Pratna, Gerry Salim, Andi Gilang, Galang Hendra, hingga Dimas Ekky Pratama yang cukup berbakat dan sudah mencicipi berbagai ajang balapan internasional.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi