BMW R 18 First Edition dijual dengan harga Rp 969 juta (off the road). Medcom.id/Ekawan Raharja
BMW R 18 First Edition dijual dengan harga Rp 969 juta (off the road). Medcom.id/Ekawan Raharja

Motor Baru

BMW R 18 Masuk ke Indonesia, Mesin LCGC Kalah Gede

Otomotif motor baru bmw motorrad Motor Cruiser
Ekawan Raharja • 25 November 2020 09:00
Jakarta: BMW Motorrad Indonesia akhirnya secara resmi memasarkan R 18 kepada konsumen di Indonesia. Kuda besi bergaya cruiser ini mengusung mesin boxer terbesar yang pernah di buat oleh Jenama asal Jerman tersebut, bahkan lebih besar daripada mesin mobil low lost green car (LCGC).
 
Secara teknis, motor produksi Jerman ini menggunakan mesin big boxer berkapasitas murni 1.802 cc dengan pendingin udara empat katup dengan camshafts overhead ganda di setiap silinder. Konfigurasi dua silinder yang diusung ini menghasilkan 91 daya kuda @ 4.750 rpm dengan torsi puncak 157 Nm @ 2.000 - 4.000 rpm.
 
Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 6 percepatan manual dengan kopling kering single-disc besar. Alhasil di atas kertas, sepeda motor ini mampu melaju hingga 180 km/jam dengan bahan bakar 5,6 liter/100 kilometer.
 
BMW R 18 Masuk ke Indonesia, Mesin LCGC Kalah Gede
 
Bila dibandingkan dengan mobil LCGC, mesin yang digunakan jelas kalah gede. Rata-rata mobil buatan dalam negeri tersebut menggunakan mesin 1.000 cc seperti Suzuki Karimun Wagon R dan Daihatsu Sigra, atau mesin 1.200 cc dengan tiga silinder seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan mobil LCGC lainnya.
 
"Kami sangat antusias untuk dapat memboyong cruiser terbaru ini ke Indonesia. Hadirnya R 18 ini tentu menjadi cita rasa yang unik dibanding lini yang telah ada dan ini mesin boxer terbesar yang pernah ada,” kata CEO BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans, Selasa (24/11/2020) di BMW Motorrad TB Simatupang Jakarta Selatan.
 
Halaman Selanjutnya
 


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif