Tips Knowledge

Defensive Riding, Cara Teraman Jaga Keselamatan di Jalan Raya

M. Bagus Rachmanto 03 Mei 2018 08:52 WIB
tips knowledge
<i>Defensive Riding</i>, Cara Teraman Jaga Keselamatan di Jalan Raya
Defensive Riding penting untuk menjaga keselamatan bersama di jalan raya. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Berkendara sepeda motor memiliki risiko untuk celaka yang disebabkan oleh diri sendiri atau orang lain. Sepeda motor sudah menjadi salah satu transportasi alternatif yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Hal ini juga menyebabkan tingginya populasi sepeda motor. 

Untuk itu diperlukan berkendara dengan keterampilan dan pengalaman (skill based riding), berdasarkan standar keselamatan dan cara-cara berkendara yang aman, selamat dan benar, ditambah dengan sikap mental positif dan kewaspadaan secara terus-menerus.

Menurut Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, safety riding adalah lebih kepada kemampuan (skill) individu pengendara. Ini dirasa belum cukup untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Leih lanjut Herry menambahkan, bahwa untuk menjaga keselamatan di jalan diperlukan juga yang namanya defensive riding. 


Yakni perilaku berkendara yang dapat membuat kita terhindar dari masalah. Baik yang disebabkan oleh orang lain atau diri sendiri. Karena defensive riding lebih kepada menjaga keselamatan bersama di jalan.

“Pengendara yang defensive riding, adalah yang menyediakan ruang/jarak kendaraan, kesadaran diri, selalu waspada, melihat dan dilihat. Ia selalu konsentrasi terus-menerus, memikirkan jalan keluar untuk segala situasi dan kondisi di jalan. Kemmudian memahami batasan diri dan kendaraan,” jelas Herry saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.



(UDA)