Tips Knowledge

Repotnya Pakai Ban Dalam di Moge

M. Bagus Rachmanto 27 April 2018 14:37 WIB
tips knowledge
Repotnya Pakai Ban Dalam di Moge
Ban tubeless wajib di moge jika tak ingin repot saat tambal ban. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Jeffrey Polnaja merupakan salah satu petualang dunia yang berkelana dengan motor. Belasan tahun berkelana membuat dirinya memiliki segudang cerita unik, salah satunya saat ingin menambal ban motor yang dikendarainya.

Saat akan mengakhiri perjalanannya mengelilingi dunia, pria yang akrab disapa Kang JJ ini mengikuti turing menuju kawasan Puncak Bogor. Menjajal rute pulang ke Jakarta, pria ramah tersebut mengalami bocor ban.

"Saya lihat di depan ada tukang tambal ban. Saya bawa ke tempat itu. Saat tukang tambal bannya melihat motor ini, Ia angkat tangan. Malah saya disuruh bongkar sendiri dan menggunakan perkakas miliknya. Rencana mau bersantai, malah harus bongkar sendiri," kisah Kang JJ.

Menurut Kang JJ, tukang tambal bannya merasa tak sanggup melakukan bongkar ban moge, lantaran belum pernah ada kasus seperti itu. Sehingga akhirnya Kang JJ sendiri yang harus membongkar ban dalam motornya.


Pengalaman Kang JJ bisa menjadi pelajaran untuk para pengendara motor gede lainnya. Lantaran tidak semua moge apalagi jenis dua sport adventure memiliki tipe ban tubeless. Selain bisa mengendarai motornya, alangkah lebih baik juga mengenal motor secara teknis dan bisa melakukan perbaikan ringan seperti bongkar pasang ban dalam motor.

Ceritanya tentu akan berbeda jika Kang JJ menggunakan tipe ban tubeless. Lantaran proses penambalan ban tipe tubeless tidak serumit proses tambal ban dalam/tube type yang harus dibongkar terlebih dahulu.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id