?Suzuki GSX-R1000. Rideapart
?Suzuki GSX-R1000. Rideapart

Suzuki GSX-R1000 Bakal Punya Teknologi Variable Timing?

Otomotif teknologi otomotif
M. Bagus Rachmanto • 17 Januari 2019 10:13
Jepang: Suzuki kembali memperkenalkan generasi terbaru Suzuki GSX-R1000. Pabrikan motor Jepang mengklaim GSX-R1000 terbaru bakal dilengkapi dengan teknologi timing katup variabel (variable valve timing technology).
 
Dilansir Rideapart, perubahan pada GSX-R1000 terinspirasi oleh MotoGP-nya, versi produksi Gixxer. Seperti yang disematkan di BMW atau Ducati.
 
Faktanya, paten baru diajukan Suzuki belum lama ini, yakni dari November 2018 untuk model Gixxer generasi berikutnya, yang menyebutkan akan mendapatkan sistem VVT yang sepenuhnya aktif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suzuki GSX-R1000 Bakal Punya Teknologi Variable Timing?
 
Dalam Paten yang diajukan, sepertinya Suzuki akan menyematkan VVT yang diaktifkan dengan hidrolik. Fakta lainnya, paten menyebutkan 'struktur pemasangan unit katup kontrol oli dan sepeda motor', sistem penggerak cam diaktifkan minyak yang menghasilkan bukaan katup variabel.
 
Tidak seperti VVT generasi sekarang, sistem baru ini akan mengaktifkan intake dan exhaust cam yang pada gilirannya menandakan kinerja on-road yang lebih halus untuk Gixxer.
 
Suzuki GSX-R1000 Bakal Punya Teknologi Variable Timing?
 
Dikatakan jika VVT saat ini memiliki keterbatasan yang ditentukan oleh bobot dan pegas yang ditemukan dalam mekanisme. Dengan aktivasi elektronik/hidraulik, cam mengatur kebutuhan suplai bahan bakar ke mesin.
 
Menariknya, cara ini disebut sebagai salah satu strategi atau trik pabrikan untuk menjaga modelnya tetap menarik di mata konsumen, terlebih ketatnya aturan soal emisi Euro 4 dan peralihan regulasi emisi Euro 5.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi