Pawai motor listrik konversi dari Kementerian ESDM. ESDM
Pawai motor listrik konversi dari Kementerian ESDM. ESDM

Lalu Lintas

Ini Bentuk Dukungan Polisi Terhadap Program 2 Juta Kendaraan Listrik

Ekawan Raharja • 07 Oktober 2022 11:00
Jakarta: Pemerintah memiliki program 2 juta sepeda motor listrik hingga tahun 2025, dan sudah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Tidak ketinggalan dengan Kepolisian karena mereka pun mengklaim sudah memberikan dukungan terhadap kendaraan listrik di Tanah Air.
 
Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus, mengatakan Polri sudah sangat siap mendukung target Presiden untuk memenuhi target 2 juta kendaraan listrik.
 
“Kendaraan listrik yang sudah terdaftar sampai September ini 23 ribu, 22 ribu kendaraan roda dua, tandanya ada pada plat nomor ada garis warna biru. Regulasi sudah kami revisi, Perpol Nomor 7 tentang Registrasi dan Identifikasi kendaraan,” ujar Yusri Yunus dikutip dari situs Korlantas Polri.
 
Yusri Yunus menambahkan dalam registrasi kendaraan bermotor, kepolisian ada di tahapan terakhir setelah dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan.
 
“Nomor rangka kendaraan listrik sangat panjang, maka STNK dan BPKB sudah kami ubah dan sesuaikan. Kemarin sempat ada kendala, kendaraan listrik nomor rangka ada nomor mesin tidak ada. Maka kami menemukan pengganti nomor mesin dengan nomor penggerak,” sambungnya.
 
Pada nomor kendaraan listrik juga sudah ditandai dengan warna biru pada plat nomor. Dari Kementerian ESDM juga mendorong Kepolisian membuat regulasi perubahan sepeda motor konvensional ke listrik.
 
“Implementasi Inpres nomor 07 Polri yang pertama, G20 sudah ada 186 unit mobil dan motor listrik untuk pengawalan. Kedepan semua mobil dan motor patroli lalu lintas menggunakan listrik untuk tahun depan,” tambahnya.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif