Industri Otomotif

Yamaha Rajai Ekspor, Pasar Nasional Didominasi Honda

Ainto Harry Budiawan 13 Januari 2018 09:14 WIB
penjualan motor
Yamaha Rajai Ekspor, Pasar Nasional Didominasi Honda
Nmax paling banyak dikirim keluar negeri. YIMM
Jakarta: Saat ini sudah banyak merek sepeda motor yang mempercayakan Indonesia sebagai basis produksi untuk pasar ekspor. Namun untuk segmen ekspor atau motor produksi nasional yang dijual di luar negeri nama Yamaha Indonesia jadi pamong di 2017.

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sepanjang 2017 ada 249.070 unit yang dikirim keluar oleh Yamaha ke berbagai negara dan pasar global. Urutannya ada Nmax (79.610 unit), MX King (38.700 unit), Vega Force (23.000 unit), Soul GT (22.400 unit), R15 (19.400 unit), Xmax (16.840 unit).

Menariknya, saat penjualan R25 dan MT-25 kurang bagus di pasar lokal, angka ekspornya justru stabil. Masing-masing terkirim 23.080 unit dan 15.640 unit tahun lalu. Yamaha menjadikan Indonesia basis produk global.

Sedangkan untuk pasar domestik, dikuasai oleh Honda. Tahun lalu, paling tidak terdapat 4.385.888 unit motor yang dikirimkan Honda menuju jaringan dealer mereka. Honda kuasai pasar motor hingga 74,51 persen.


Model skuter BeAT eSP paling banyak dengan 1.728.473 unit, disusul Scoopy eSP (612.197 unit), Vario 125 eSP (609.556 unit), Vario 150 eSP (466.204 unit), BeAT Street (195.515 unit) lalu Vario 110 eSP (124.527 unit).

Sementara merek lain seperti Yamaha hanya mampu melepas 1.348.211 unit atau kuasai pasar 22,9 persen. Disusul Kawasaki 78.637 unit (1,34 persen), Suzuki 72.191 unit (1,23 persen) dan TVS 1.176 unit (0,02 persen).

Jika melihat persentasi penjualan per merek, memang angka ini cukup mengkhawatirkan. Lantaran merek lain seolah kurang mendapat perhatian. Namun di di 2018, strategi pabrikan yang semakin beragam, bisa membuat APM lain mampu meningkatkan penjualannya. Apalagi masing-masing dari mereka sudah menyiapkan ragam produk baru.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id