Teknologi otomotif,

BMW Motorrad Connectivity Kini Melekat di R 1200 GS

Ekawan Raharja 05 Juni 2018 09:27 WIB
teknologi otomotifbmw motorrad
BMW Motorrad Connectivity Kini Melekat di R 1200 GS
BMW Motorrad Conectivity sudah bisa dinikmati di R 1200 GW. BMW Motorrad
Jakarta: BMW Motorrad terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur terbaru untuk mempermudah pengendaranya ketika berpetualang. Kini giliran R 1200 GS yang mendapatkan tambahan fitur baru berupa Connectivity.

CEO BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans, menjelaskan fitur ini sengaja disematkan untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Mengingat fitur Connectivity ini dapat memberikan sejumlah informasi yang cukup lengkap dan dapat terkoneksi dengan gawai.

"Brand lain juga mungkin punya teknolologi TFT seperti ini, tapi kenapa di bilang Connectivity karena memang teknologi ini memilki konektivitas cukup berbeda dengan yang lain," ujar Joe Frans Senin (5 Juni 2018) di Dealer BMW Motorrad Jakarta.

Fitur ini berupa clutser meter yang layar thin film transistor (TFT) dengan ukuran 6,5 inci. Di dalamnya bisa menampilkan mulai dari odometer, speedometer, mode berkendara, tachometer, tekanan ban, signal handphone, kondisi sepeda motor, merekam data kendaraan, merekam posisi selama perjalanan melalui sistem GPS, dan beberapa fitur lainnya.

Ketika terkoneksi dengan gawai, cluster meter ini juga bisa menerima telepon dan melakukan panggilan telepon, memutar lagu, hingga membuka sistem GPS. Hanya saja untuk sistem menerima dan melakukan panggilan telepon, Connectivity harus tersambut dengan helm yang sudah dilengkapi dengan bluetooth.


Nantinya semua fitur yang ada di fitur Connectivity bisa diatur melalui multi-controller yang terletak di handlebar sebelah kiri. Selain itu jika dalam kondisi berenti, semua fitur yang ada di Connectivity bisa diakses melalui aplikasi khusus yang bisa di-download di Apple Store atau Play Store.

Saat ini fitur Connectivity baru tersedia di Indonesia untuk model R 1200 GS dengan banderl Rp755 juta (off the road). Fitur ini menjadi fitur bawaan untuk R 1200 GS terbaru, dan untuk model lama tidak bisa ditambahkan fitur Connectivity.



(UDA)