NEWSTICKER
Suasana jalur produksi sepeda motor di pabrik Astra Honda Motor. AHM
Suasana jalur produksi sepeda motor di pabrik Astra Honda Motor. AHM

Industri Otomotif

Produsen Otomotif Tanggapi Putusnya Aliran Listrik ke Pabrik

Otomotif toyota pemadaman listrik pln industri otomotif honda motor
Ekawan Raharja • 07 Agustus 2019 12:38
Jakarta: Mati lampu yang menghinggapi sebagian pulau Jawa pada Minggu dan Senin (4-5/8/2019) tentu berpengaruh terhadap banyak hajat masyarakat, termasuk industri otomotif. Harus diakui putusnya aliran listrik memberikan hambatan dan resiko terhadap bisnis mereka, khususnya pabrik yang harus terus memproduksi kendaraan.
 
Public Relation Manager PT Astra Honda Motor (AHM-produsen sepeda motor Honda), Rina Listiani, menjelaskan mati lampu total yang terjadi pada hari minggu memberikan kejutan bagi bisnis Honda mengingat ada dealer dan pabrik yang beroperasi. Hanya saja hal itu bisa ditanggulangi dengan sistem bantuan sehingga seluruh unit bisnis AHM bisa bekerja secara normal.
 
"Sebenarnya secara dealer dan pabrik kita sudah ada sistem backup. Sehingga proses tetap bisa berjalan secara optimal. Hari Minggu dealer tetap buka dan melayani konsumen dengan normal," cerita Rina Listiani kepada Medcom.id Selasa (6/8/2019) di Hotel Harris Kelapa Gading Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanya saja Rina berharap bahwa kejadian ini tidak berlangsung lama dan tidak berkelanjutan kedepannya karena sistem dukungan yang ada di bisa berjalan selamanya. Sehingga diharapkan pasokan listrik segera pulih dan bisnis AHM bisa berjalan normal kembali.
 
"Kita khawatir jika ini berkelanjutan bisa jadi masalah karena ada pasokan-pasokan terkendala ke depannya," jawabnya singkat.
 
Selain itu Direktur Administrasi Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam, juga terbuka mengenai kondisi mati lampu mempengaruhi proses produksi. Dia menjelaskan pabrik Toyota di Indonesia lebih terganggu dengan mati lampu yang terjadi pada Senin (5/8/2019).
 
"Hari Minggu tidak berpengaruh. Senin memang sedikit terganggu karena proses pengecatan butuh pemanasan," terang Bob Azam di sela-sela acara Toyota Eco Youth Selasa (6/8/2019) di Kemang Village Jakarta.
 
Sayangnya Bob Azam enggan membeberkan berapa kerugian yang diakibatkan oleh mati lampu. "Kerugian adalah sedikit."
 
Pemadaman listrik yang terjadi sejak Minggu, 4 Agustus 2019 hingga Senin, 5 Agustus 2019 akibat adanya gangguan pada sistem kelistrikan interkoneksi di Ungaran Jawa Tengah. Pemadaman terjadi di wilayah yang cukup luas yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Tengah yang memiliki pelanggan dengan jumlah paling banyak.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif