Tips Memilih Helm yang Aman dan Nyaman
Pilih helm sesuai fungsi dan penggunaan. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Helm sebagai salah satu perlengkapan berkendara, punya tugas sangat penting. Jika tidak ada helm, sudah banyak pengendara yang meninggal sia-sia karena kepalanya terbentur aspal saat terlibat kecelakaan.

Jadi menggunakan helm yang baik sangat disarankan, jangan hanya lihat dari motif yang menarik dan harga yang ramah dikantong. Menurut Frans Lee dari Cargloss Prorider, distributor helm Arai, ada beberapa tips dalam memilih helm.

Pertama lihat dari ukuran, jika helm terlalu sempit kepala akan sakit dan kurang nyaman. Jika terlalu longgar, helm mudah goyang karena terkena angin dan berbahaya saat benturan. Kemudian pilih helm dengan batok yang keras, bukan dari plastik biasa.

Pilih helm jenis full face atau open face yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala. Perhatikan juga bahan interior helm, yang lembut dan mudah menyerap keringat.


Perhatikan lapisan pengaman dalam helm yang tebal yang berfungsi meredam getaran saat terjadi benturan. Perhatikan juga tali pengikat helm, kualitas, model ikatannya hingga pegangan tali pengikat helm itu sendiri.

Pilih helm yang telah memenuhi standar yang ditentukan, biasanya helm berstandar telah melewati proses pengujian. Di Indonesia ada SNI, tentu akan lebih baik jika helm yang dibeli punya standar lebih tinggi seperti DOT, SNELL, ECE2205.

Jadi, jangan sembarangan memilih helm!



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id