Voxan Wattman ditenagai oleh baterai unik 15,9 kW yang terdiri dari 1.470 sel. Venturi
Voxan Wattman ditenagai oleh baterai unik 15,9 kW yang terdiri dari 1.470 sel. Venturi

Motor Listrik

Target Voxan Wattman Jadi Motor Listrik Tercepat di Dunia

Otomotif motor listrik
Ekawan Raharja • 07 Juli 2020 12:41
Monako: Pengembangan kendaraan listrik sekarang ini sudah cukup jauh, dan pembuktian mengenai performanya sudah kerap dilakukan. Venturi bahkan sampai mengembangkan motor listrik untuk membuktikan performa kendaraan roda dua nan ramah lingkungan tersebut juga tidak bisa dipandang sebelah mata.
 
Perusahaan berbasis di Monako ini sudah mempersiapkan motor listrik Voxan Wattman. Digadang-gadang kuda besi satu ini memiliki performa yang luar biasa dan bisa mencapai status sebagai motor listrik terkencang di dunia.
 
Voxan Wattman ditenagai oleh baterai unik 15,9 kW yang terdiri dari 1.470 sel. Untuk bobot bersih si kuda besi ini hampir mencapai 300 kilogram, dengan 140 kilogram berat disumbang dari baterai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengingat motor ini menggunakan baterai berukuran besar, Voxan Wattman tidak menggunakan radiator tetapi dry ice dengan canister diletakkan di bawah jok. Komponen satu ini diharapkan bisa menjaga suhu baterai agar tetap normal dan tidak mengalami masalah karena overheat.
 
Motor listrik yang disematkan mampu melontarkan tenaga hingga 431 daya kuda, dan ditargetkan bisa menembus kecepatan 350 kilometer per jam. Mengingat perlu ban khusus, mereka menggunakan ban Michelin Pilot RS + yang mampu bertahan di kecepatan hingga 449 kilometer per jam.
 
Spesifikasi motor listrik ini dilengkapi fitur suspensi depan double-wishbone, link, dan swingarm. Anehnya tak tersedia rem depan dan parasut, tetapi hanya mengandalkan rem belakang saja.

Rencana Memecahkan Rekor Dunia

Target Voxan Wattman Jadi Motor Listrik Tercepat di Dunia
 
Sesuai dengan niat Venturi untuk memecahkan rekor motor listrik tercepat, mereka sudah mempersiapkan hal itu. Mereka berencana memacu Voxan Wattman di Salar de Uyuni, Bolivia pada Juli 2021 mendatang.
 
Tidak tanggung-tanggung, Max Biaggi akan menjadi joki dari kuda besi ganas satu ini. Dia akan mencoba memecahkan rekor motor listrik tercepat sekarang ini dengan catatan 327 kilometer per jam.
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif