Tips Knowledge

Begini Urutan Mencuci Sepeda Motor

M. Bagus Rachmanto 06 Oktober 2018 08:32 WIB
tips knowledge
Begini Urutan Mencuci Sepeda Motor
Perhatikan bagian sensitif air saat cuci motor biar gak mogok. Motorcyclevalley
Jakarta: Libur akhir pekan saat yang tepat untuk memanjakan tunggangan kesayangan. Terlebih setelah sepekan si kuda besi diajak menemami aktifitas Anda yang cukup padat. 

Sebagai langkah merawat kendaraan agar terhindar dari korosi dan noda membandel, mencuci motor di rumah adalah hal yang paling sederhana dan bisa dilakukan siapa saja.

Tapi agar hasilnya maksimal, kata Yosi, mekanik sekaligus pemilik bengkel motor Bengbrand di Bekasi Timur, ada beberapa cara yang disarankan saat mencuci sepeda motor kesayangan. 


Pertama, bersihkan rantai motor terlebih dulu. Ini khusus pengguna motor bebek atau sport, rantai harus dibersihkan dulu sebelum mencuci bagian lain. Alasannya agar bodi atau bagian yang sudah bersih, tidak akan terkena kotoran dari rantai, jika bagian ini dibersihkan belakangan. Debu dan oli dari rantai bakal mengotori lagi bodi dan bagian yang sudah dibersihkan.

Kedua basahi bodi motor terlebih dulu sebelum membasuhnya dengan air sabun. Ini dimaksudkan agar noda yang telah mengering dan keras bisa lebih mudah terangkat. Contohnya adalah bangkai serangga yang saat kering susah dibersihkan.

Ketiga, perhatikan komponen yang sensitif dengan air. Jangan semprot air bertekanan di area mesin, terlebih saat kondisi mesin dalam keadaan panas, karena komponen-komponen yang terbuat dari logam bisa merenggang dan cepat rusak. 

Terakhir, perhatikan komponen yang sensitif dengan air, seperti area mesin, bawah tangki bahan bakar, dan area lubang filter udara. Jangan sampai menyemprotkan air di aea sensitif, salah-salah motor Anda bisa mogok saat sudah kinclong usai dicuci.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id