Komponen Aftermarket Otomotif

Pisahkan Cairan dari Aki, Trik Massiv Amal Jaga Voltase

Ahmad Garuda 07 Desember 2018 17:33 WIB
tips motorkomponen otomotiftips knowledge
Pisahkan Cairan dari Aki, Trik Massiv Amal Jaga Voltase
Massiv Amal jual aki dengan cara memisahkan cairan acid dari aki. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Membeli aki MF (maintenance free) alias aki bebas perawatan atau aki kering, selain harus jeli soal keasliannya juga harus jeli tentang kapasitas voltasenya. Mengingat ini adalah salah satu hal yang akan mempengaruhi performa kelistrikan di kendaraan Anda dalam kurun waktu tertentu.

Hal ini pula yang membuat produsen aki Massiv Amal menyiasatinya dengan cara yang lebih baik. Yaitu emisahkan cairan acid dari aki saat dijual. Tujuannya untuk membuat tenaga voltase yang didapat konsumen tetap optimal.

"Berdasarkan hasil riset kami, voltase aki itu bisa turun saat aki itu terlalu lama. Ini biasa ditemui di aki MF yang diimpor dari luar negeri. Pengiriman yang membutuhkan waktu lama, biasanya membuat voltase aki turun tanpa disadari. Hal ini pula yang membuat kami memunculkan strategi pemisahan cairan acid dari aki sebelum dijual. Jadi ketika dijual cairan tersebut baru ditambahkan atau saat mau digunakan," jelas Corporate Public Relation Officer PT Wacana Prima Sentosa (WPS), Satriawan Agung Prabowo kepada medcom.id.

Lantaran cairan dipisahkan dari aki meski dijual dalam satu kotak, namun ada tata cara pengisian air aki sebelum digunakan. Satriawan yang akrab disapa Tumenggung itu menyarankan bahwa cairan aki saat diisi harus didiamkan terlebih dahulu.


"Tujuannya agar unsur pembangkit listrik yang ada di dalam aki optimal. Sebenarnya kalau bisa sampai dua atau tiga jam itu lebih baik. Namun kalau mau buru-buru, 15 menit juga sebenarnya sudah cukup. Kalau mau lebih cepat lagi, bisa sambil melakukan pengisian kapasitas voltase listrik. Sehingga voltasenya optimal."

Tentang cairannya harus dipasang terlebih dulu dan didiamkan selama kurang kurun waktu tertentu, Tumenggung menyarankan agar melakukan pemasangan di bengkel atau melalui mekanik. Mengingat cairan acid yang digunakan cukup berbahaya jika terkena anggota tubuh.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id