Spesifikasi Gesits yang Ditunggangi Jokowi
Jokowi mencoba Gesits di Istana Negara. Antara Foto/Wahyu Putro A
Jakarta: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), baru-baru ini mencoba Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits). Berbeda dengan sepeda motor yang sudah pernah ditunggi oleh orang nomor satu di Indonesia itu, Gesits merupakan sepeda motor bertenaga listrik.

Gesits ini merupakan sepeda motor listrik hasil kolaborasi grup otomotif Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Bisa dibilang ini merupakan skuter listrik karya anak bangsa.

Menurut data yang sempat diberikan Garansindno, Motor karya anak bangsa ini nantinya akan dibekali dengan baterai lithium Ion 5.000 Wh yang diklaim sanggup menjelajah hingga 100 kilometer. Pengisiannya bisa dilakukan di rumah dengan lama pengisian 1,5 - 4 jam, dan jika menggunakan charger khusus hanya 30 menit.

Baterai ini akan menyuplai motor listrik bertenaga 5 kW yang mampu berputar 3.000 rpm dengan torsi 15 nm.

CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah, juga pernah berujar kalau baterainya ini akan waterproof (anti air). Sehingga diklaim aman meski digunakan di kondisi hujan.


Kemudian untuk bagian sasisnya khusus dikembangkan untuk Gesits. Sasis ini didesain agar bisa membawa komponen skuter listrik tersebut dengan baik. Bagian kaki-kaki depan menggunakan telescopic dan belakang menggunakan lengan ayun dikombinasikan mono shock.

"Sebentar lagi akan diproduksi kurang lebih satu tahun 60.000 (unit)," ujar Jokowi usai menjajal motor listrik Gesits di Istana Merdeka Jakarta Rabu (7/11/2018).



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id