Setiap sepeda motro harus dilengkapi dengan spion. Suzuki
Setiap sepeda motro harus dilengkapi dengan spion. Suzuki

Peraturan Pemerintah

Awas, Mencopot Spion Motor Bisa Menggugurkan Garansi

Otomotif komponen otomotif
Ekawan Raharja • 25 Juli 2021 18:00
New Delhi: Sering kita lihat sepeda motor yang beredar di jalanan tidak menggunakan spion. Padahal mencopot spion ketika sedang berkendara bisa membuat garansi yang diberikan oleh pabrikan sepeda motor hangus alias gugur.
 
Seorang pengacara di India, Ramkumar Adityan, mengajukan permohonan kepada pihak Mahkamah Agung di India untuk menghapuskan garansi pabrikan bagi sepeda motor yang melepas spionnya. Menurut Ramkumar melepas spion ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan lainnya dan pengendara sepeda motor.
 
Alhasil, putusan Pengadilan Tinggi Madras yang dipimpin oleh Ketua Hakim Sanjib Banerjee dan Hakim Senthilkumar Ramamoorthy memutuskan garansi hilang jika dua spion dicopot karena alasan estetika. Mereka juga sudah meminta kepada Komisaris Transportasi Tamil Nadu memberikan perintah kepada semua dealer motor untuk memperingatkan konsumen. Peringatan yang diberikan berupa garansi akan gugur apabila pemilik kendaraan melepas spion setelah melakukan pembelian kuda besi.
 
Selain itu, denda berupa uang bagi pengendara sepeda motor tanpa spion juga berlaku sebesar 500 ribu rupee atau sekitar Rp971 ribu. Bahkan apabila pengendara kedapatan mengulangi kesalahan yang sama, dendanya akan meningkat tiga kali lipat menjadi 1,5 juta rupee atau sekitar Rp2,9 juta.
 
Menurut statistik di negeri Bollywood, banyak kecelakaan sepeda motor terjadi karena mereka mencopot spion. Kehilangan spion ini membuat pengendara tidak dapat melihat dengan jelas lalu lintas yang mendekat dari arah belakang.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif