Meski awalnya mereka merahasiakan hal tersebut, namun akhirnya tim Yamaha MotoGP secara terang-terangan mengatakan bahwa itu adakan komponen tambahan untuk melakukan pengereman. Hal ini diungkapkan langsung oleh Massimo Meregalli selaku direktur tim Yamaha Racing MotoGP.
“Itu adalah tuas untuk melakukan pengereman. Tapi tidak dioperasikan oleh jempol, karena sistem operasinya dengan cara ditekan dari bagian atas ke bawah,” ujar pria yang akrab disapa dengan Maio itu.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Sayangnya ia tidak menjelaskan bagaimana sistem tersebut bekerja. Apakah seperti sistem pada pengereman combi brake system (CBS), ataukah murni hanya untuk bagian belakang saja? tentu itu adalah rahasia. Tapi jika itu mereka aplikasikan, maka kemungkinan akan mempermudah proses deselerasi.
Tapi jelas ini bukan kali pertama sistem pengereman ditempatkan di posisi yang sama dengan tuas kopling. Mick Doohan dan Tom Sykes juga pernah melakukannya. Apakah itu akan sangat berguna saat balapan, jelas Yamaha dan Jorge Lorenzo belum memberikan keterangan tentang hal tersebut.