ABT e-Transporter 6.1 mobil bongsor bergaya high performance, siap dijual pada Juni 2020. ABT
ABT e-Transporter 6.1 mobil bongsor bergaya high performance, siap dijual pada Juni 2020. ABT

Mobil Van Listrik

ABT e-Transporter 6.1, Mobil Bongsor Bertenaga Listrik

Otomotif mobil listrik volkswagen
Ahmad Garuda • 29 Mei 2020 16:52
Jerman: Rumah modifikasi sekaligus rumah riset mobil-mobil Jerman yaitu ABT Sportsline, semakin percaya diri menggelontorkan produk anyarnya. Selain memproduksi komponen peningkat performa kendaraan, mereka juga kian konsen memproduksi mobil penumpang bertenaga listrik dengan performa tinggi.
 
Kali ini yang jadi target mereka adalah Volkswagen tipe Transporter yang telebih dahulu sudah mendapat converter kit dari pabriknya yaitu VW. Mereka berkolaborasi dengan ABT untuk menyempurnakannya dan siap diproduksi dalam jumlah terbatas mulai Juni 2020.
 
Hal yang membuatnya istimewa adalah karena ABT membekali mobil tersebut dengan paket aerodinamika khas mobil berperforma tinggi. Meski tenaganya hanya bisa mencapai 83 kW atau setara dengan 111 daya kuda, namun torsi besar yang dihadirkan yaitu sebesar 200 Newton meter, jadi jaminan bahwa mobil ini punya torsi cukup 'menjambak' meski dengan bodi bongsor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ABT e-Transporter 6.1, Mobil Bongsor Bertenaga Listrik
 
Secara spek, mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 135 km tergantung dari kapasitas baterai yang disiapkan. Kemudian juga akan berpengaruh dari seberapa besar konsumsi listrik yang terpakai saat berkendara. Sudah pasti bobot muatan juga akan berpengaruh terhadap jarak tempuhnya.
 
Hingga saat ini, mereka mengklaim bahwa baterai yang dipasok baru satu jenis dengan besaran kapasitas tampung sebesar 37,3 kWh. Sementara asumsi konsumsi energi yang ideal berkisar di 27 hingga 35,8 kWh per 100 kilometer. Artinya, mobil ini masih sanggup menempuh jarak hingga lebih dari 100 km untuk menghabiskan energi dalam baterai meski itu tidak akan pernah dilakukan.
 
Pengisian Energi
Sejatinya, mobil ini akan dibekali dengan sistem pengisian tenaga dengan kapasitas 7,2-kW yang mampu mengisi baterai hingga penuh dalam tempo 5,5 jam. Sementara untuk pengisian cepat 50 kW, bisa mencapai 80 persen hanya dalam 45 menit.
 
ABT e-Transporter 6.1, Mobil Bongsor Bertenaga Listrik
 
Paket Aerodinamika
Sebagai rumah tuner terbesar untuk VW dan Audi, ABT membekali mobil tersebut dengan front skirt, grille, side skirts, rear skirt bahkan sayap. Mobil ini juga dibekali dengan emblem khas ABT untuk membuatnya terlihat lebih eksklusif.
 
Berbicara soal harga, ABT akan membanderolnya mulai dari 44,990 Euro atau sekitar Rp733 jutaan. Sayangnya, mobil ini baru akan dipasarkan terbatas di Eropa saja.
 
Rival
Tidak sulit mencari rival untuk mobil van milik VW yang digarap langsung rumah modifikasi ABT Sportsline tersebut. Lantaran di Indonesia, DFSK dengan produk Gelora E yang mereka luncurkan di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC), juga memiliki spesifikasi tenaga penggerak yang tak jauh berbeda.
 
ABT e-Transporter 6.1, Mobil Bongsor Bertenaga Listrik
 
Dari sisi tampilan atau penggunaan komponen aksesoris memang sangat berbeda, namun torsinya terbilang sama yaitu 200 Nm. Perbedaan spek performa hanya ada di tenaganya, Gelora E hanya mampu mengirim tenaga sebesar 60 kWh. Tapi jarak tempuhnya lebih jauh dua kali lipat karena mampu menempuh lebih dari 200 km, tergantung bobot muatan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif