Mencuci mobil kini bisa dilakukan tanpa menggosok bodinya. medcom.id/Ahmad Garuda
Mencuci mobil kini bisa dilakukan tanpa menggosok bodinya. medcom.id/Ahmad Garuda

Cuci Mobil Tanpa Sentuh Bodi, Bikin Cat Lebih Awet?

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
Ahmad Garuda • 07 Januari 2019 16:11
Jakarta: Mencuci kendaraan dari dulu prosesnya tak berbeda jauh. Dimulai dari membasahi mobil dengan air, lalu membasuh bodi dan roda dengan air sabun khusus pencuci mobil dan membilasnya. Tapi cara itu menjadi konvensiional, lantaran kini ada cara mencuci mobil tanpa menggosok bodinya.
 
Hal ini dipaparkan langsung CEO Auto Glaze, Robby Kurnia. Ia menegaskan bahwa mencuci mobil dengan cara menggosok bodi mobil adalah salah satu cara yang membuat cat mobil itu sendiri mengalami goresan. Meski hanya menggores coating (lapisan vernis pada cat) bodi, namun secara detail ini akan sangat mengganggu.
 
"Kalau terus-terusan dicuci dengan cara seperti itu, ya akan membuat warna mobil jadi kusam. Nah, sekarang kami punya cara baru untuk mencuci kendaraan tanpa menyentuh bodinya. Yaitu menggunakan cairan sabun khusus yang merontokkan kotoran yang menempel di mobil tanpa menyentuh atau menggosok bodinya," ujar Robby saat membuka Auto Glaze di SPBU COCO Pertamina Fatmawati pada Senin (7/1/2019).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cuci Mobil Tanpa Sentuh Bodi, Bikin Cat Lebih Awet?
Prosesnya pun cukup singkat, cerita Robby. Lantaran mobil yang akan dicuci tidak dibasahi terlebih dahulu, artinya ada proses yang dipangkas. Bodi mobil yang kotor langsung disemprot menggunakan cairan sabun khusus yang didatangkan langsung dari Belgia itu. Setelah kira-kira 60 detik atau semenit busa tersebut menempel di bodi mobil, bodi langsung disemprot menggunakan air penyemprot bertekanan tinggi.
 
"Air penyemprot itu, tekanannya 180 bar, sehingga noda atau kotoran yang menempel setelah dilunakkan pakai cairan sabun khusus, mudah terangkat. Air yang kami semprotkan pun disaring lagi untuk membuat air terbebas dari kandungan mineral yang rentan menempel di bodi setelah mencuci mobil."
 
Cuci Mobil Tanpa Sentuh Bodi, Bikin Cat Lebih Awet?
 
Namun tentu ini belum termasuk tambahan coating dan tambahan cairan lainnya. Uniknya, kemudahan itu mereka hadirkan di SPBU milik terpilih Co-Owner Pertamina berkode 31. Layanan ini pun resmi dihadirkan PT Pertamina Retail sebagai salah satu diversifikasi bisnis non bahan bakar yang terintegrasi.
 
Artinya, mereka yang melakukan pengisian bahan bakar, atau ingin sembari ngopi-ngopi, juga bisa sekaligus mencuci mobilnya. Dari keterangan yang dipaparkan staf Auto Glaze, proses pencucian mobil hanya memakan waktu 10-15 menit. Tergantung layanan yang dipilih pelanggan.
 
"Kami tertarik menghadirkan salon mobil di SPBU, karena ini menjadi target bisnis jangka panjang. Pengunjung juga tak perlu repot mencari salon mobil yang punya layanan terbaik," pungkas Direktur Utama PT Pertamina Retail, Sofyan Yusuf.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif