PSA Group berencana untuk melakukan merger dengan FCA. PSA
PSA Group berencana untuk melakukan merger dengan FCA. PSA

PSA Group dan Fiat Chrysler Automobiles Siap Merger?

Otomotif industri otomotif autogear
Ekawan Raharja • 31 Oktober 2019 12:35
Perancis: Fiat Chrysler Automobiles (FCA) and PSA Group memberikan pengumuman yang cukup mengejutkan. Mereka mengumumkan sudah membuka pembicaraan secara resmi untuk rencana merger satu dengan yang lain.
 
Rumor keduanya akan melakukan merger sudah ada sejak beberapa beberapa bulan lalu. Mereka mengakui ingin melakukan merger di berbagai aspek, sehingga mereka bisa menghadirkan grup otomotif yang besar berskala global.
 
"Berdasarkan laporan baru-baru ini mengenai kemungkinan melakukan kombinasi kerja antara FCA dan PSA Group, PSA mengkonfirmasi bahwa sedang melakukan diskusi terkait menciptakan salah satu grup otomotif yang berskala dunia," dinukil dari keterangan resmi PSA Group yang ditulis ulang oleh Carscoops.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa saat kemudian, FCA juga mengumumkan hal yang sama. Hanya saja tidak ada detail yang diumumkan oleh keduanya.
 
Menurut laporan yang ada, PSA Group yang menjadi induk Peugeot, Citroen, DS, Opel, dan Vauxhall sudah mendekati FCA sejak awal tahun, namun yang didapat adalah penolakan. Selanjutnya FCA juga melakukan hal serupa dengan Renault, namun langkah tersebut tidak berhasil karena pemerintah Perancis tidak menyetujuinya. Seperti yang kita ketahui, pemerintah Perancis memiliki 15 persen saham Renault serta mereka tergabung dalam aliansi bersama Nissan dan Mitsubishi.
 
Kini merger PSA dan FCA akan membantu kedua perusahaan untuk berbagi biaya produksi dan memperluas berbagai hal, dan menjadikan mereka salah satu pemain besar di kancah global.
 
Tahun lalu, jika dikombinasikan, mereka berhasil menjual 8,7 unit kendaraan dan bersaing dengan General Motors yang hanya 8,4 juta. Namun jumlah ini masih berada di belakang Toyota, Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, atau Volkswagen Group yang sudah menjual 10,8 juta unit mobil di 2018.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif