Bahan Bakar Biodiesel

Penerapan Biodiesel, Perlu Penyesuaian Kendaraan

Ahmad Garuda 14 September 2018 16:11 WIB
bahan bakar gas
Penerapan Biodiesel, Perlu Penyesuaian Kendaraan
Pakai bahan bakar biodiesel mengharuskan adanya penyesuaian di sistem suplai bahan bakar ke mesin, agar tak mengalami masalah di jalan. Dok Medcom.id
Jakarta: Penerapan regulasi bahan bakar biodiesel atau B20 yang merupakan hasil pencampuran solar 80 persen dengan ethanol 20 persen, serentak untuk seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mulai September 2018. Kondisi ini pun mengharuskan produsen kendaraan bermesin diesel melakukan sedikit penyesuaian.

Hal ini ditegaskan juga oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setyadi dalam penerapan kewajiban penggunaan biodiesel, terutama untuk kendaraan-kendaraan lama.

"Intinya dari Kemenhub baik di bidang laut dan darat sudah siap semuanya dan mendukung, hanya memang ada penyesuaian khususnya untuk kendaraan lama, filternya harus diperbaiki, tangkinya juga harus dikuras karena sifat dari FAME itu butuh perlakuan khusus," katanya usai Rakor Biodiesel di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta pada Kamis (13/9/2018).

Selain itu, kata Budi, pihak asosiasi pun meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan kualitas dari bahan bakar ramah yang lebih ramah lingkungan itu. Termasuk sistem penyalurannya. "Masih ada beberapa SPBU yang belum menyediakan jenis bahan bakar ini," katanya. Ia pun mencontohkan seperti di Bengkulu.


Meski belum merata didistribusikan ke seluruh pelosok negara ini, namun patut dipertimibangkan untuk segera melakukan persiapan jika suatu saat bahan bakar tersebut sudah resmi dipasok di semua daerah.

"Konsumen tentu perlu memperhatikan tentang perawatan kendaraan yang lebih sering alias monitoring. Terutama di saluran suplai bahan bakar ke mesin, harus lebih intens," ungkap Public Relation Manager PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) melalui pesan singkatnya.

Meski harus melakukan penyesuaian di awal-awal ini, namun bukan berarti Biodiesel kana menimbulkan masalah untuk jangka panjang. Maka itulah baik pemerintah maupun produsen kendaraan bermesin diesel, mewajibkan perhatian lebih ke komponen pasokan bahan bakar ke mesin untuk mencegah kendaraan mogok di perjalanan.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id