Sejumlah mobil mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi di Lombok. MI/Ramdani
Sejumlah mobil mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi di Lombok. MI/Ramdani

Jangan Anggap Enteng Perluasan Jaminan Asuransi Kendaraan

Otomotif asuransi industri otomotif
Ahmad Garuda • 29 Agustus 2018 11:15
Jakarta: Mayoritas negara-negara Eropa hingga Amerika mewajibkan asuransi untuk beberapa hal yang vital, seperti rumah, mobil pendidikan anak, kesehatan dan lainnya. Namun di Indonesia, hal ini sepertinya dianggap sebagai satu hal tambahan atau opsional saja, terutama untuk kendaraan (mobil/motor).
 
Berkaitan dengan asuransi, tentu akan penting di saat ada kejadian yang menuntut kendaraan butuh biaya besar. Misalnya untuk korban bencana alam seperti banjir, atau gempa bumi yang mengakibatkan kendaraan tertimpa bangunan hingga rusak parah. Jika tidak dijamin oleh asuransi, maka Anda harus siap-siap mengeluarkan biaya sendiri.
 
Tapi saat mengambil asuransi pun tidak serta-merta dijamin untuk hal-hal seperti itu. Mengingat paket asuransi tanpa ada perluasan jaminan tidak akan bertanggung jawab untuk dampak terkena bencana alam seperti banjir dan gempa bumi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau obyek asuransi seperti rumah dan mobil, itu harus ada perluasan jaminan. Karena ini tidak masuk dalam paket comprehensif atau TLO (total lost). Di dalam polisnya juga sudah disebutkan," klaim Head of Communication & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto lewan pesan singkatnya.
 
Aturan yang disebutkan oleh Iwan terdapat dalam polis standar untuk asuransi kendaraan bermotor BAB II soal Pengecualian. Dalam pasal 3 ayat 3.3.2 disebutkan bahwa Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh akibat dari ditimbulkan oleh: gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya.
 
Namun dengan perluasan jaminan seperti Gempa Bumi, maka apa pun kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam jenis ini, maka itu akan dijamin oleh asuransi. Jadi bagi Anda yang tinggal di wilayah rawan gempa, sebaiknya mulai mengambil paket perluasan jaminan asuransi Anda.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif