Hyundai Ioniq merupakan salah satu mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja
Hyundai Ioniq merupakan salah satu mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja

Industri Otomotif

Butuh Insentif Lebih untuk Tingkatkan Populasi Kendaraan Listrik

Otomotif PLN industri otomotif mobil listrik Insentif Pajak Kendaraan Listrik Harga mobil Listrik
Ekawan Raharja • 07 Desember 2021 16:00
Jakarta: Harga kendaraan listrik, khususnya mobil listrik, di Indonesia saat ini masih tergolong sangat mahal karena harga yang ditawarkan masih berada di atas Rp600 jutaan. Kondisi ini tentu membutuhkan uluran tangan pemerintah untuk bisa membantu menekan harga mobil listrik sehingga lebih terjangkau bagi masyarakat luas.
 
Direktur Bisnis dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, mengatakan insentif dari pemerintah untuk bisa memasyarakatkan kendaran listrik sangat berperan penting. Insentif perpajakan maupun bebas bea membuat harga jual mobil listrik di Indonesia makin murah. 
 
"Ketika kendaraan listrik murah, maka bisa ditangkap daya beli masyarakat Indonesia. Insentif yang diberikan pemerintah ke industri mobil konvensional diharapkan juga bisa diterapkan kepada kendaraan listrik sehingga makin terjangkau," ujar Bob melalui keterangan resminya.
 
Dalam penyediaan infrastruktur mobil listrik, Bob menjelaskan, meski saat ini pengguna mobil listrik masih belum banyak namun dengan ketersediaan infrastruktur makin meyakinkan masyarakat untuk beralih dari mobil konvensional ke mobil listrik. 
 
"Ada jaminan ketersediaan dan rasa aman bagi para pelanggan. Kalau membeli mobil listrik akan terjamin, baik dari charging station maupun tukar baterai," ujar Bob. 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif