Ilustrasi. Jasa Marga
Ilustrasi. Jasa Marga

Jalan Tol

Jasa Marga Siap Tutup Jalan Tol jika Diperlukan

Otomotif lalu lintas jalan tol Coronavirus
M. Bagus Rachmanto • 02 April 2020 10:19
Jakarta: Setelah diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 (korona), PT Jasa Marga (Persero) telah menyiapkan protokol penutupan jalan tol jika pemerintah memutuskan hal tersebut.
 
"Karena berdasarkan PP Nomor 15 Tahun 2005, penutupan sementara jalan tol ditetapkan menteri, dalam hal ini Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru di Jakarta, Rabu, 1 April 2020.
 
Dwimawan menuturkan terkait pembatasan sosial berskala besar pihaknya mengacu aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat. Pemerintah daerah dapat melakukan pembatasan sosial berskala besar sepanjang mendapat izin dari Menteri Kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menegaskan apabila kebijakan pembatasan berskala besar ditetapkan pihaknya telah siap. Sebab, pihaknya telah menyiapkan sejumlah protokol bila ada pembatasan pergerakan kendaraan.
 
"Untuk berbagai alternatif yang nanti akan diputuskan oleh pemerintah," kata dia.
 
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) merekomendasikan agar penggunaan moda transportasi dikurangi. Namun, langkah ini perlu diimbangi dengan PSSB.
 
Hal tersebut tertuang pada surat edaran (SE) Nomor SE.5.BPTJ.Tahun 2020 tentang Pembatasan Penggunaan Moda Transportasi untuk Mengurangi Pergerakan Orang dari dan ke Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangera, dan Bekasi Selama Masa Pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). SE itu ditandatangani Kepala BPTJ Polana Pramesti dan ditetapkan pada Rabu, 1 April 2020..
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif