Penjualan retail Toyota selama April 2020 di kisaran 8.443 unit. Auto2000
Penjualan retail Toyota selama April 2020 di kisaran 8.443 unit. Auto2000

Industri Otomotif

April Suram Toyota Indonesia

Otomotif toyota penjualan mobil industri otomotif
Ekawan Raharja • 13 Mei 2020 15:15
Jakarta: Pandemik virus korona sukses mengacak-acak pasar otomotif Indonesia di April Kemarin. Setelah Honda mengumumkan penjualan retail mereka selama April 2020, kini giliran Honda membuka dapurnya.
 
Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan pembukuan penjualan retail selama April 2020 di kisaran 8.443 unit. Membandingkan dengan total retail pasar selama April versi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), catatan retailnya berada di level 24.276 unit.
 
Sebagai perbandingan saja dengan bulan sebelumnya, penjualan merek asal Jepang itu berhasil menjual 17.787 unit mobil. Rasa-rasanya ini menjadi bulan yang sangat berat bagi Toyota karena penurunan sebesar 52,5 persen penjualan pada bulan April dibanding bulan sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anton menyebutkan ada tiga faktor utama yang menyebabkan penjualannya merosot tajam. Meski harus diakui, ketiga faktor utama tersebut disebabkan oleh pandemik virus korona di Indonesia.
 
"Orang berhati-hati juga melakukan pembelian. Tidak cuma mobil, semua produk kita (masyarakat) lebih memilih, selektif," ucap Anton Jimmi Suwandy Selasa (12/5) melalui webinar.
 
Faktor kedua adalah soal kebijakan perusahaan pembiayaan yang lebih ketat dan selektif demi menjaga risiko gagal bayar. Diketahui, mayoritas pembeli mobil di Indonesia mengandalkan sistem kredit ketimbang tunai.
 
"Ini saya bukan menyalahkan, kita mendukung adanya pembatasan atau PSBB. Tapi dengan adanya PSBB pastinya dealer-dealer kebanyakan tutup, jadi aktivitas orang terbatas," sebutnya sebagai alasan ketiga.
 
Nasib serupa juga dialami Honda yang mengakui penjualan merosot hingga 82 persen. Menurut pabrikan asal Jepang ini, penjualan retail di April 2020 hanya mencapai di 1.855 unit atau hanya 18 persen dari pencapaian di bulan yang sama tahun lalu.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif