Setidaknya ada 5 kebiasaan buruk yang bikin mobil cepat rusak. medcom.id/Ekawan
Setidaknya ada 5 kebiasaan buruk yang bikin mobil cepat rusak. medcom.id/Ekawan

Tips Otomotif

5 Kebiasaan yang Bikin Mobil Cepat Rusak

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 16 Oktober 2020 12:00
Jakarta: Saat ini mobil telah menjadi salah satu alat transportasi utama untuk menunjang aktivitas sehari-hari, entah untuk bekerja, kuliah, atau berwisata bersama keluarga dan sahabat. Menggunakan mobil dapat membuat aktivitas keseharian lebih praktis dan mudah dilakukan, sehingga pastinya si pemilik inginkan mobil yang awet dan tidak mudah rusak.
 
Kerusakan sebuah mobil ini banyak penyebabnya, bisa dari umur komponen yang sudah habis atau kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan yang berefek kepada masa pakai komponen. Honda melalui laman resminya membagikan 5 kebiasaan buruk yang bisa membuat mobil cepat rusak;

1. Menggunakan Gigi Netral di Jalan Menurun

Kebiasaan yang satu ini tidak hanya membuat mobil kamu cepat rusak, namun juga berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal. Saat mobil berjalan menurun menggunakan gigi netral, maka mobil akan melaju lebih cepat dan ringan.
 
Tetapi berjalan menurun dalam kecepatan tinggi sangat berbahaya karena pengemudi akan kesulitan untuk mengerem, memasukkan gigi, ataupun mengontrol mobil. Hal ini dapat mengakibatkan mobil slip sehingga berpotensi terjadi kecelakaan. Jadi sebaiknya di jalanan menurun memperlambat kecepatan mobil dengan menggunakan gigi rendah.

2. Sering Mengerem Mendadak

Saat mengemudi hindari kebiasaan mengerem mendadak karena hal tersebut dapat membuat kampas rem cepat aus. Sebaiknya saat hendak berhenti, tekan pedal rem secara perlahan dari jarak jauh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lakukan sedikit demi sedikit hingga kecepatan mobil perlahan-lahan menurun dan berhenti sempurna. Selain membuat kampas rem awet, kebiasaan ini juga membuat konsumsi BBM mobil lebih hemat.
 
Halaman Selanjutnya
3. Sering Menginjak Pedal Gas…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif