Honda Brio. Honda
Honda Brio. Honda

Industri Otomotif

Mobil Sejuta Umat Bukan Mobil Terlaris Di 2020, Ini Gantinya

Otomotif industri otomotif honda mobil
Ekawan Raharja • 19 Januari 2021 12:00
Jakarta: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah merilis data untuk penjualan mobil di tahun 2020. Uniknya di tahun ini status mobil terlaris bukan dipegang oleh mobil sejuta umat ataupun mobil bermodel multi purpose vehicle (MPV) lainnya.
 
Secara keseluruhan, penjualan kendaraan bermotor roda empat dan lebih di tahun lalu mencapai 532.027 unit kendaraan untuk wholesales. Sedangkan untuk data penjualan retailnya berada di angka 578.327 unit kendaraan.
 
Uniknya, status mobil terlaris di tahun ini bukanlah dipegang oleh mobil sejuta umat Avanza ataupun model MPV lainnya. Melainkan dikuasai oleh compact car Honda Brio.
 
Catatan wholesale Brio yang terdiri atas varian Satya dan RS berhasil mencapai 40.879 unit kendaraan. Sedangkan untuk data penjualan retailnya berada di level 43.021 unit kendaraan di seluruh Indonesia.
 
Sedangkan untuk posisi kedua sampai keempat, berdasarkan data wholesales, baru diisi dengan produk dari Toyota. Avanza menjadi mobil kedua terlaris dengan jumlah 35.754 unit kendaraan, Rush terjual 29.361 unit kendaraan, dan Kijang Innova laku sebanyak 27.594 unit kendaraan.
 
 
Kemudian di posisi kelima diisi oleh Mitsubishi Xpander dengan terjual sebanyak 26.362 unit kendaraan. Melihat data lima mobil terlaris, MPV masih menjadi favorit pasar di Indonesia, tetapi pencapaian yang diperoleh Brio bisa menjadi kado manis bagi Honda.
 
“Kami bangga Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia. Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di Indonesia di masa mendatang,” ungkap President Director PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe, melalui keterangan resminya.
 
Kalau melihat kilas balik sejarahnya, Brio pertama kali diperkenalkan pada 2 Agustus 2012 untuk model city car. Kemudian di tahun 2013, lahir Brio Satya yang diposisikan sebagai low cost green car (LCGC).
 
Model ini juga sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal yang ditingkatkan hingga mencapai 89 persen. Sebagai sebuah produk buatan dalam negeri, Brio Satya mengusung nama dan logo yang diciptakan khusus untuk Indonesia. Nama Satya diambil dari bahasa sansekerta yang berarti tulus atau setia, sedangkan logo kendaraannya adalah bentuk bunga melati yang merupakan bunga nasional Indonesia.
 
(ERA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif