Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto (dua dari kiri) dan Staff Khusus Menteri Perindustrian Amir Sambodo (paling kiri) di acara pembukaan GIICOMVEC 2020. Seven Events
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto (dua dari kiri) dan Staff Khusus Menteri Perindustrian Amir Sambodo (paling kiri) di acara pembukaan GIICOMVEC 2020. Seven Events

Industri Otomotif

Dua Pejabat Kemenperin Meninggal karena Korona?

Otomotif industri otomotif Virus Korona covid-19
Ekawan Raharja • 24 Maret 2020 17:47
Jakarta: Kabar duka menyelimuti Kementerian Perindustrian, dengan wafatnya Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Harjanto, dan Staff Khusus Menteri Perindustrian, Amir Sambodo. Semasa aktif menjabat, keduanya merupakan pekerja keras, terkhusus Harjanto yang kerap menjadi narasumber untuk rekan-rekan otomotif.
 
Harjanto diketahui menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin Malam (23/3) pukul 21.30 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta. Sayangnya hingga berita ini diturunkan, Kementerian Perindustrian enggan menjawab menyebutkan alasan meninggalnya salah satu narasumber favorit wartawan otomotif Indonesia.
 
“Kami merasa sangat sedih dan kehilangan, sebab almarhum merupakan sosok yang pekerja keras dan disiplin. Mari kita doakan bersama, semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan. Amin,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, di Jakarta Selasa (24/3).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Almarhum yang lahir di Bandung, 21 Juni 1961, mengawali kariernya di Kemenperin sejak tahun 1987. Riwayat jabatannya cukup gemilang, dengan pernah menjadi Atase Perindustrian pada KBRI Brussel, kemudian Direktur Kerja Sama Industri Interasional Wilayah I dan Multilateral, dan posisinya naik sebagai Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur (eselon I) pada tahun 2014. Selama mengemban tugas di bangku eselon I, Harjanto sempat menduduki jabatan Dirjen Indutri Kimia, Tekstil dan Aneka tahun 2015, Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional tahun 2016, serta terakhir Dirjen ILMATE sejak tahun 2017.
 
Sedangkan Amir Sambodo diketahui pula meninggal Selasa pagi (24/3) pukul 08.15 WIB. Meski tidak ada pernyataan resmi alasan meninggalnya, ada sejumlah kabar burung yang menyebutkan bahwa pria kelahiran Solo ini meninggal karena virus korona.
 
"Innalillahi wa innailaihi rojiun, segenap pengurus dan alumni turut berduka cita atas kepergian Mas Amir Sambodo (M '78). Tetap waspada dan berhati2 teman2 #StaySafeStayHome," dikutip dari akun Twitter Ikatan Alumni ITB.
 
Amir di ketahui merupakan alumnus Teknik Mesin ITB angkatan 1978. Sebelum menjabat sebagai staff khusus Menteri Perindustrian, dia kenal sebagai pengusaha di berbagai pengusaha, termasuk pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Tuban Petrochemicals Industries dan Komisaris Utama PT Krakatau Steel.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif