Mitsubishi menilai fitur keselamatan semakin penting di masa sekarang ini. Mitsubishi
Mitsubishi menilai fitur keselamatan semakin penting di masa sekarang ini. Mitsubishi

Fitur Keselamatan Penting Bagi Mobil-Mobil 'Jaman Now'

Otomotif teknologi otomotif
Ekawan Raharja • 16 Januari 2019 14:27
Jakarta: Setiap tahun selalu hadir mobil-mobil baru di Indonesia. Salah satu nilai pengembangan mobil baru yang tidak bisa ditawar oleh produsen mobil adalah menyangkut fitur keselamatan.
 
Head of Technical Service & CS Support Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, menjelaskan sebuah mobil modern seperti sekarang ini, fitur keselamatan menjadi syarat utama. Tidak hanya airbag atau kantung udara saja yang menjadi fitur wajib, tapi juga fitur-fitur keselamatan lain.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keamanan saat berkendara merupakan hal utama, sebuah produk tidak cukup hanya menawarkan kenyamanan, design yang bagus, dan mesin yang andal, tetapi fitur keamanan yang sangat penting untuk sebuah mobil terkhusus untuk sebuah mobil keluarga," tulis Boediarto melalui aplikasi penghantar pesan.
 
Dia menjelaskan untuk mobil-mobil Mitsubishi di Indonesia sudah memiliki berbagai fitur keselamatan. Secara umum fitur keselamatan di mobil terbagi menjadi dua, yaitu aktif dan pasif. Keduanya berfungsi mengantisipasi potensi kecelakaan, Atau jika sudah terjadi fitur keselamatan itu mampu meminimalisasi dampak fatal.
 
Fitur keselamatan aktif bekerja sebelum atau mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur keselamatan ini bekerja secara kompurterisasi, sebelum mobil hilang kendali atau akan menabrak. Adapun fitur-fitur keselamatan aktif adalah antilock braking system (ABS), brake assist (BA), electronic brake force distribution (EBD), active stability control (ASC), dan hill start assist (HSA).
 

 
‎Sedangkan fitur keselamatan pasif bekerja ketika mobil terkena benturan atau kecelakaan. Ada banyak fitur pasif beberapa di antaranya adalah supplemental restraint system (SRS) airbag, sabuk keselamatan dengan pretension dan force limiter, serta isofix atau pengait kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.
 
"Mobil keluarga seharusnya dilengkapi berbagai fitur keamanan seperti emergency stop signal, HAS (hill start assist), juga ASC (active stability control) yang membuat produk ini cocok sebagai mobil keluarga,” sambung Boediarto.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi