Mobil Baru

Apa Saja Perubahan Besar di Suzuki All New Ertiga?

Ainto Harry Budiawan 20 April 2018 09:25 WIB
mobil barusuzuki mobil
Apa Saja Perubahan Besar di Suzuki All New Ertiga?
Presiden Joko Widodo melihat interior Suzuki Ertiga baru yang lebih mewah. Medcom/ A. Harry Budiawan
Jakarta: PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan All New Ertiga pada press day, yang juga sekaligus debut global. Mobil Low MPV andalan Suzuki ini berubah total dan tak menyisakan desain generasi sebelumnya.

Dibangun menggunakan platform Heartech, mobil ini memiliki dimensi (PxLxT) 4.395 mm x 1.735 mm x 1.690 mm. Membesar Ertiga lawas yang punya ukuran 4.265 mm x 1.695 mm x 1.685 mm.

Platform Heartech ini juga membuat bobot mobil lebih ringan 6 kg meski panjang keseluruhan bertambah 130mm. Dengan platform ini pula, Suzuki merancang ulang suspensi Mcpherson torsion beam agar memberi kenyamanan lebih untuk penumpang bari ketiga.

Desain fascia depan nampak premium dan bergaya dengan grill krom baru dipadu lampu utama memanjang dengan projector. Kesan lebar didapat dari desain bumper, yang juga jadi tempat bersarangnya lampu kabut.


Bagian buritan dibuat lebih menarik dengan garis dinamis pada bumper, berpadu lampu LED yang merayap pada pilar D. Di sini juga terdapat high mount stop lamp LED, serta dua sensor parkir.

Jantung mekanisnya berganti dengan K15B, berkapasitas 1.500 cc yang mampu beri output tenaga 103,2 Hp @6.000 rpm, dan torsi 138 Nm @4.400 rpm. Opsi transmisi ada lima speed manual dan empat speed otomatis.

"Untuk klaim konsumsi bahan bakar, bisa mencapai 18,09 km/liter untuk manual dan 16,73 km/liter untuk otomatis. Hasil ini lebih baik dari generasi sebelumnya, dan diuji oleh BPPT, jadi kita pakai pihak ketiga," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS.

Sekilas untuk interior, desain dashboard berubah total dengan aksen kayu yang merambat hingga pintu depan. Kabin warna beige (krem) menambah kesan mewah. Suzuki juga melengkapi dengan tiga power outlet dan ventilated cup holder.

Lainnya ada fitur start stop button, head unit baru 8 inci, electronic stability program, anti-lock braking system, electronik brake force distribution, ISOFIX, dual airbag, hingga ruang bagasi yang lebih luas.

Soal harga pihak Suzuki masih enggan membocorkan, namun dari seorang tenaga penjual, harganya naik Rp10-15 juta. Konsumen sudah bisa memesan dengan tanda jadi Rp5 juta.



(UDA)