Tips Knowledge

Oles Gemuk di Kepala Aki, Tak Boleh Asal

M. Bagus Rachmanto 10 Mei 2018 11:37 WIB
tips knowledge
Oles Gemuk di Kepala Aki, Tak Boleh Asal
Gemuk berfungsi untuk menutup celah di kepala aki dan penghantar listrik yang baik. Magnets
Jakarta: Tak sedikit pemilik mobil atau sepeda motor yang kurang paham bagaimana cara melepas atau memasang kabel aki dari terminal/kutub aki tepat dan aman. Memang terlihat sepele, namun dalam prakteknya tidak boleh asal atau sembarangan. Sebab, salah-salah bisa merusak komponen lain, bahkan membahayakan keselamatan.

Country Sales Director Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Paulo Duarte menerangkan, cara melepas kepala aki yang benar adalah dimulai dari kutub negatif terlebih dahulu. 

Setelah terlepas, jauhkan kepala aki dari kutubnya agar tidak terjadi hubungan pendek arus listrik, bila perlu bungkus kabel aki menggunakan bahan/material yang tidak bisa menghantarkan listrik.

"Untuk melepas kabel aki sebaiknya menggunakan kunci ring/pas, supaya bautnya tidak slek atau dol. Hal itu juga untuk mencegah kepala aki rusak akibat cara melepas atau memasang kabel aki yang tidak benar atau dipaksakan," papar Paulo saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.


Yang tak kalah penting ialah ketika hendak memasang kembali kabel aki. Langkah ini kebalikan dari langkah melepas kabel aki. Perlu diingat, pertama kali yang harus dipasang adalah kabel positif terlebih dahulu, setelah itu baru kabel negatif. 

"Agar lebih mudah memasang kabel/baut pengikat, di kepala aki sebaiknya diberi grease (gemuk) atau stempet terlebih dulu supaya licin. Selain itu, gemuk atau stempet juga berfungsi untuk menutup celah dan sebagai penghantar listrik yang baik."



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id