Ada sejumlah merek yang akan melakukan investasi fasilitas di Indonesia. Medcom.id
Ada sejumlah merek yang akan melakukan investasi fasilitas di Indonesia. Medcom.id

Korea Selatan, Tiongkok, dan Rusia akan Investasi Otomotif di Indonesia

Otomotif industri otomotif
Ekawan Raharja • 15 Mei 2019 16:52
Jakarta: Pemerintah Indonesia terus melakukan pendekatan ke berbagai pihak untuk menamkan investasi di tanah air. Investasi bisa dilakukan di berbagai sektor industri, salah satunya otomotif yang cukup berkembang pesat di Indonesia.
 
Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, menjelaskan akan ada beberapa merek baru yang akan melakukan investasi di Indonesia. Disebutkan negara-negara yang akan melakukan investasi dari Korea Selatan, Tiongkok, dan Rusia.
 
"Dari Korea Selatan sudah tahapan akhir. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa terlaksana," jelas Yohannes Nangoi Selasa Malam (14/5/2019) di Kawasan Senayan Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian besar yang akan melakukan investasi di Indonesia adalah merek Hyundai. Mengingat sejak lama sudah terdengar kencang merek asal Korea Selatan ini akan melakukan investasi di Indonesia dan menyasar pasar ekspor ke berbagai daerah.
 
Korea Selatan, Tiongkok, dan Rusia akan Investasi Otomotif di Indonesia
 
Sayangnya Nangoi masih enggan membuka omongan mengenai merek asal Tiongkok dan Rusia. Namun untuk merek asal Rusia kemungkinan besar adalah untuk kendaraan komersial.
 
"Ada beberapa model yang sudah diterima seperti dari Rusia dan China. Tapi realisasinya kapan dan mereknya apa saya belum bisa bicara,” ujarnya.
 
Ketika disinggung mengenai merek asal Tiongkok yang akan melakukan investasi di Indoensia adalah BYD, Nangoi tidak banyak bercerita. Dia hanya menekankan bahwa diperlukan waktu studi yang cukup panjang untuk memastikan melakukan investasi fasilitas di Indonesia.
 
"Sementara untuk yang dari Tiongkok rasanya belum bisa tahun ini. Masih menunggu kebijakan yang lebih stabil termasuk harmonisasi pajak itu,” tambahnya.
 
Korea Selatan, Tiongkok, dan Rusia akan Investasi Otomotif di Indonesia
 
Rencana BYD akan masuk ke Indonesia sebelumnya sempat diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Dia menyebutkan kalau BYD akan melakukan pengembangan mobil listrik di Idnonesia.
 
Industri otomotif Indonesia belakangan ini memang cukup ramai dan terus berkembang. Bahkan Indonesia menjadi basis produksi untuk beberapa model kendaraan, dan sudah di ekspor ke berbagai negara.
 
Sebut saja Mitsubishi Xpander yang sudah melakukan ekspor ke Filipina. Kemudian ada juga Honda Brio racikan Cikarang, Jawa Barat, yang di ekspor ke Filipina dan Vietnam.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif