Ilustrasi Airbag mobil. NCAP
Ilustrasi Airbag mobil. NCAP

Teknologi Otomotif

India Bakal Terapkan 6 Airbag Sebagai Standar Keselamatan Mobil

Otomotif teknologi otomotif India fitur keselamatan Airbag
Ekawan Raharja • 25 Januari 2022 11:00
New Delhi: Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan yang perlahan menjadi sebuah standar sebuah mobil. India bahkan sedang mempersiapkan peraturan untuk meningkatkan jumlah airbag di mobil agar bisa meningkatkan keselamatan penumpangnya.
 
Pemerintah di sana inginkan pabrikan otomotif menyediakan setidaknya 6 airbag di mobil. Selain 2 airbag di dashboard, mereka inginkan ada airbag di samping dan tirai.
 
Tambahan fitur keselamatan pasif tersebut ditujukan untuk melindungi penumpang yang duduk di bangku belakang. Kemudian penggunaan airbag samping diharapkan bisa menurunkan resiko cedera fatal  pada lengan penumpang yang dapat terjadi akibat tabrakan samping.
 
Sejauh ini, Negeri Bollywood tersebut baru mewajibkan semua mobil baru untuk memiliki sepasang airbag di depan. Nah untuk peraturan baru ini diharapkan dapat dilaksanakan oleh para produsen otomotif mulai tanggal 1 Oktober 2022.
 

Tingginya Kecelakaan Di India

Jalan raya di India memiliki persentase kecelakaan yang cukup tinggi. Peraturan ini dibuat untuk menekan tingkat fatalitas kecelakaan di India yang mengkhawatirkan.
 
Menurut laporan sepanjang tahun 2020, ada 366 ribu lebih kecelakaan dan hampir 132 ribu meninggal. Sehingga Pemerintah India perlu melakukan tindakan untuk menekan mortalitas akibat kecelakaan di jalan raya.

 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif