Ilustrasi. Lifepal
Ilustrasi. Lifepal

Industri Otomotif

Asik, Beli Mobil Besok Bisa Bebas PPnBM

Otomotif industri otomotif pajak kendaraan
Ekawan Raharja • 28 Februari 2021 12:00
Jakarta: Pemerintah akhirnya mengeluarkan kepastian mengenai relaksasi pajak untuk pembelian mobil baru. Konsumen dipastikan akan mendapatkan keringan berupa insentif potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru per 1 Maret 2021.
 
Hal ini dipastikan setelah Kementerian Perindustrian mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 20/PMK.010/2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021. Disitat dari Kementerian Keuangan, peraturan ini ditetapkan pada 25 Februari 2021 dan diundangkan pada 26 Februari 2021.
 
Pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) atas pembelian mobil baru akan dibebaskan secara bertahap mulai bulan depan. Tiga bulan pertama (Maret-Mei) insentif PPnBM mencapai 100 persen, kemudian tahap kedua (Juni-Agustus) insentif sebesar 50 persen, dan ketiga (September-November) insentif senilai 25 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian untuk syarat-syarat mobil yang mendapatkan insentif PPnBM ini juga sudah tercantum di dalam PMK tersebut. Anda bisa melihat di Pasal 2 sampai 4 yang mengatur pemberian insentif.
 
Keringanan PPnBM 'dihadiahkan' untuk kendaraan bermotor sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif