HPS-Cell sebagai platform kendaraan di masa depan berbasis ban. Hankook
HPS-Cell sebagai platform kendaraan di masa depan berbasis ban. Hankook

Teknologi Otomotif

Platform Modular HPS-Cell, Basis Kendaraan Listrik Masa Depan

Otomotif teknologi otomotif mobil listrik ban mobil Hankook HPS-Cell
Ekawan Raharja • 18 Oktober 2021 12:00
Jakarta: Hankook menunjukan inovasi mereka di dunia teknologi otomotif melalui Hankook Platform System (HPS)-Cell yang bisa digunakan sebagai platform kendaraan listrik dan otonom di masa depan. Teknologi yang dikembangkan ini diakui sangat menjanjikan, dan bahkan sudah diakui di International Design Excellence Awards (IDEA) 2021.
 
HPS-Cell merupakan platform modular yang terbuat dari ban, yang merupakan fondasi dari kendaraan. Inovasi ini diusulkan dalam sebuah proyek riset kota pintar dan mobilitas masa depan. Melalui kolaborasi riset, proyek ini membawa visi untuk berkendara di masa depan dan solusi untuk menyelesaikan tantangan di masa sekarang.
 
HPS-Cell diperkenalkan November tahun lalu sebagai hasil dari proyek Design Innovation 2020. Masuk ke dalam tema ‘Urban Reshaping’, proyek tersebut memvisualisasikan transformasi kota-kota yang digerakan oleh mobilitas yang dikonfigurasi ulang sebagai bagian dari tempat tinggal daripada satu kendaraan di masa depan di mana infrastruktur augmented automation dan teknologi canggih seperti teknologi ramah lingkungan, setir otomatis, dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) (AI) digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


HPS-Cell merupakan inovasi Hankook untuk dimanfaatkan sebagai basis kendaraan listrik dan otonom di masa depan.
 
Ban dari HPS-Cell menggunakan ban tanpa udara yang menggunakan struktur unit-cell. HPS-Cell menggunakan teknologi sensor yang tidak hanya memungkinkan mengenali tapak ban dan keadaan jalan secara langsung, tapi juga merespon risiko keausan dan perubahan pola tapak ban sesuai dengan kondisi jalan dengan adanya roda variabel dan kerangka yang telah dioptimalkan.
 
Semuanya diaplikasikan bersama dengan Hankook Innovative Performance (H.I.P) yang mana merepresentasikan teknologi masa depan. "Kedepannya, kami berencana mengeksplorasi desain inovatif dengan berinvestasi pada riset dan pengembangan, juga proyek kolaborasi untuk menjadi yang terdepan dalam kendaraan masa depan,” Wakil Presiden Brand Lab Hankook Tire, Jimmy Kwon, melalui keterangan resminya.
 
Platform HPS-Cell ini kemudian bisa digunakan di berbagai jenis kendaraan. Pengembangan HPS-Cell ini bisa dikembangkan untuk kendaraan penumpang hingga kendaraan komersiap.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif