Tim Medcom.id berkesempatan untuk mencoba All New Carry di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan di daerah sekitarnya. Suzuki
Tim Medcom.id berkesempatan untuk mencoba All New Carry di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan di daerah sekitarnya. Suzuki

Serupa Tapi Tak Sama mesin Suzuki Ertiga dan All New Carry

Otomotif mobil baru test drive suzuki mobil
Ekawan Raharja • 14 Juli 2019 18:10
Banjarmasin: Suzuki menyematkan mesin yang sama antara Suzuki Ertiga dan All New Carry. Meski menggunakan blok yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan setup dan komponen mesin yang berpengaruh terhadap kebutuhan mobil.
 
Branch Manager Mitra Suzuki, Erwin Dirgantoro, menjelaskan keduanya menggunakan blok mesin yang sama. Hanya saja untuk hasilan tenaganya mengalami ubahan karena disesuaikan dengan kebutuhan dan sistem penggeraknya. Ertiga menggunakan sistem penggerak roda depan, dan All New Carry menggunakan sistem penggerak roda belakang.
 
"Kalau secara teknis perubahan di tenaganya saja. Ada perubahan di daya kuda. Jadi Carry digunakan untuk mengangkut beban butuh fokus di torsi," ungkapnya kepada Medcom.id di Mitra Suzuki Banjarmasin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serupa Tapi Tak Sama mesin Suzuki Ertiga dan All New Carry
 
4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra, di kesempatan terpisah menjelaskan ada ubahan selanjutnya di posisi mesin dimana Ertiga meletakan mesin di depan dan Carry di tengah. Kemudian di beberapa komponen ada ubahan mulai dari ukuran silinder, pendingin intake manifold, bypass system di kepala silinder, camshaft Carry lebih pendek, desain dan volume piston," ujar Donny di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.
 
Bila melirik data spesifikasinya, keduanya menggunakan mesin K15B 1.462 cc. Untuk Ertiga memiliki lontaran tenaga 104,7 ps @6.000 rpm dan torsi 138 Nm, sedangkan All New Carry lontarkan tenaga 97 ps @5.600 rpm dan torsi 135 Nm @4.400 rpm.
 
Tim Medcom.id berkesempatan untuk mencoba All New Carry di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan di daerah sekitarnya. Mobil yang digunakan berisikan muatan sekitar 500 kilogram, dengan dua orang di dalam kabin.
 
Serupa Tapi Tak Sama mesin Suzuki Ertiga dan All New Carry
 
Tester Driver Medcom.id merasakan tenaga ketika memulai perjalanan terasa sangat enteng meski beban di bak belakang cukup penuh. Power Steering yang disematkan di lingkar kemudi juga mempermudah sopir mengendalikan mobil meski beban di belakang terasa berat. Kemudian pedal kopling juga tidak terlalu dalam, sehingga kaki diangkat dari pedal sedikit, mobil sudah bisa berjalan.
 
Cuma perlu diperhatikan dengan kondisi pedal kopling yang tidak terlalu dalam, membuat mobil bisa dengan mati jika kaki diangkat dari kopling dan tidak mendapatkan tenaga dari pedal gas yang cukup. Khususnya juga memulai bergerak dijalanan menanjak, sopir harus lihat memainkan kopling dan gas agar mobil tidak mundur dan menabrak mobil di belakangnya.
 
Jelas improvisasi yang diberikan oleh Suzuki untul All New Carry menjadi modal yang kuat untuk melawan rivalnya yakni DFSK Super Cab dan Daihatsu Gran Max pikap. Mengingat keduanya memiliki mesin yang sama yakni 1.500 cc seperti yang digunakan oleh All New Carry.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif