Konsumen kini tidak membeli mobil untuk mudik mepet dengan waktu mudik. Suzuki
Konsumen kini tidak membeli mobil untuk mudik mepet dengan waktu mudik. Suzuki

Dua Bulan Sebelum Mudik, Waktu Tepat Beli Mobil Baru

Otomotif industri otomotif suzuki mobil Mudik Lebaran 2019
Ekawan Raharja • 27 Mei 2019 15:42
Bandung: Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang membeli mobil baru untuk digunakan mudik ke kampung halaman. Bahkan harus diakui bahwa masyarakat Indonesia semakin cerdas ketika melakukan pembelian mobil untuk mudik.
 
Sales & Marketing Manager PT Nusantara Jaya Sentosa (Dealer Utama Suzuki Jawa Barat), Vicky Yusika, menjelaskan konsumen sekarang sudah jeli dan pintar untuk membeli mobil barunya untuk mudik. Para konsumen ini melakukan pembelian mobil satu bulan sebelum Ramadan, yang berarti sekitar dua bulan sebelum lebaran.
 
“Mayoritas konsumen Suzuki membeli mobil dengan cara kredit dan prosesnya membutuhkan tahapan approval dari leasing. Jika mereka membelinya menjelang Lebaran, saya merasa khawatir mobil tidak bisa dipakai untuk mudik lebaran. Kendala yang biasa dihadapi dalam membeli mobil jelang Lebaran seperti saat ini adalah ketergantungan proses faktur dan STNK pada jam operasional dari pihak Kepolisian. Jadi poinnya kalau mau beli mobil baru harus cepat-cepat, sehingga diler bisa memiliki waktu untuk memproses pembelian mobil konsumen secara cepat,” ujar Vicky melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vicky juga menambahkan ketika memilih mobil untuk mudik, sebaiknya memilih jenis kendaraan yang tepat dan mana yang paling cocok dengan kebutuhan. Meski demikian mayoritas para pemudik ini masih mengandalkan model multi purpose vehicle (MPV) sebagai andalan untuk perjalanan mudik.
 
Dua Bulan Sebelum Mudik, Waktu Tepat Beli Mobil Baru
 
Harus diakui jika MPV memiliki kapasitas 7 penumpang, tergolong irit bahan bakar, harga yang kompetitif, serta fitur-fitur yang cukup lengkap untuk perjalanan mudik. Vicky juga merujuk kepada data, selama periode April 2019, Suzuki Jawa Barat sudah menjual 500 unit. Mayoritas yang dibelu masih Ertiga, Karimun Wagon R, dan Ignis.
 
"Pada Mei 2019 berharap merangkak naik bisa tembus sebanyak 550 unit," harap Vikcy.
 
Selain untuk mudik, musim jelang lebaran juga menjadi momen yang tepat untuk masyarakat membeli mobil baru. Biasanya para agen pemegang merek dan dealer membuat program penjualan khusus untuk bisa membeli mobil baru. Biasanya program ini berupa uang muka rendah, angsuran ringan serta bonus aksesoris, hingga membantu konsumen yang ingin melakukan proses trade-in (tukar-tambah).
 
Selain Suzuki, beberapa merek juga melakukan menggelar program yang sama seperti DFSK, Mitsubishi, atau Toyota. Jadi meski bukan keperluan untuk mudik, tidak ada juga salahnya memanfaatkan momen ini bagi yang mencari mobil baru.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif