Tips Knowledge

Tiga Bumbu Dapur ini Ampuh Usir Karat di Mobil

M. Bagus Rachmanto 10 Juli 2018 15:50 WIB
tips knowledge
Tiga Bumbu Dapur ini Ampuh Usir Karat di Mobil
Beberapa bahan di dapur ternyata ampuh untuk menghilangkan karat. Snapguide
Jakarta: Korosi atau karat menjadi salah satu penyakit yang lazim ditemui di mobil tua. Namun cara mengatasinya ternyata mudah. Bahkan karat bisa dengan mudah dihilangkan dengan menggunakan beberapa bumbu yang ada di dapur.

Menurut situs resmi Daihatsu, cuka, lemon, dan baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan karat yang menempel di komponen atau pernak-pernik mobil.

Cuka ampuh hapus karat karena mengandung asam sitrat atau asam asetat. Caranya dengan mencopot komponen yang terkena karat dan merendamnya di dalam larutan cuka selama 1-2 hari.
 
Jika komponen tidak bisa dicopot, cukup dituangkan ke bagian yang berkarat sekupnya, dan kemudian disikat secara perlahan dengan menggunakan sikat yang bulunya lembut.


Lemon juga bisa mengikis karat karena mengandung asam sitrat. Cara kerjanya hampir sama dengan larutan cuka, yakni dengan melepas komponen yang terkena karat dan direndam di larutan cuka.

Anda juga bisa menggunakan baking soda jika tidak memiliki cuka atau lemon. Rendam sikat atau lap di larutan baking soda. Kemudian sikat/kap itu dipakai untuk menggosok bagian yang berkarat.

Selamat mencoba!



(UDA)