Tips Knowledge

Evaporator AC Mobil, Butuh Perawatan Berkala

M. Bagus Rachmanto 16 April 2018 07:04 WIB
tips knowledge
Evaporator AC Mobil, Butuh Perawatan Berkala
Evaporator kotor bikin AC tidak dingin. ebay
Jakarta: Berkendara di kondisi perkotaan, air conditioner alias AC untuk mendinginkan kabin, harus selalu dalam kondisi terbaik. Lantaran kalau mengalami masalah, misalnya tidak dingin atau suhunya kembang-kempis, tentunya bisa membuat pengendara dan penumpangnya jadi kurang nyaman.

Suhu kembang-kempis ini biasanya diakibatkan beberapa hal. Namun umumnya masih berkutat di evaporator yang kotor. 

Seperti yang diutarakan oleh salah satu bengkel khusus AC, A Huat di bilangan Mampang, Jakarta Selatan. Ia menegaskan untuk pertama-tama melakukan pengecekan bagian tersebut, jika ada gejala-gejala suhu AC kembang-kempis.

"Komponen evaporator me-recycle udara dari kabin. Seperti yang dilakukan oleh banyak orang, memutar udara dalam kabin selalu dilakukan ketimbang menyaring udara dari luar. Coba cek kondisi karpet mobil yang biasanya ada kotoran yang mudah terbang dan tersedot evaporator. Kalau iya, tinggal bersihkan bagian tersebut," jelas sang staf bengkel tersebut.


"Memang evaporator harus diservis langsung di bengkel AC, karena tidak mudah membersihkannya sendiri jika kotor. Apalagi biasanya harus dilakukan penggantian oli dan freon jika memang harus dilakukan," lanjutnya.

Selain evaporator, kemungkinan masalah dari sistem kelistrikan AC juga bisa jadi penyebab utama. Bagian riley adalah yang juga bisa jadi penyebabnya. Pengecekannya juga agak sulit, dibutuhkan alat khusus untuk mendeteksi komponen ini masih bekerja dengan baik ataukah sudah kalah. Karena memang sulit mendeteksi usia pakai komponen kelistrikan. 



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id