Industri Otomotif

Honda Siapkan Jazz jadi Basis Mobil Listrik

Ainto Harry Budiawan 26 Mei 2018 13:07 WIB
mobil listrikhonda mobil
Honda Siapkan Jazz jadi Basis Mobil Listrik
Jazz akan bertenaga listrik tahun 2020 nanti. Auto Express
Tokyo: Jazz listrik? Ya, sebenarnya Honda sudah memilikinya sejak tahun 2011 yang dikenal dengan Fit EV. Fit sendiri merupakan nama lain Jazz. Mobil ini dimodali baterai berdaya 20 kWh dan mampu menempuh jarak 122 kilometer.

Tapi setelahnya tak ada lagi pengembangan mobil listrik berbasis Jazz ini. Kabar terbaru, Honda saat ini berniat menghidupkan kembali Fit EV dan direncanakan rilis pada semester pertama tahun 2020 mendatang, seperti dituliskan Nikkei Asian Review.

Saat ini Honda sedang menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Cina, Contemporary Amperex Technology, untuk membuat baterainya. Honda sendiri akan membuat harga jual mobil ini kelak lebih murah dengan mengakali kapasitas baterai.

Laporan menyebutkan kalau Fit EV akan dijual untuk dua pasar selain Cina. Honda menargetkan penjualannya mencapai lebih dari 100.000 unit per tahun, sebuah target yang terbilang tinggi saat ini.


Diluar itu, Honda saat ini sudah bergabung bersama Toyota dan Nissan serta pemerintah Jepang dan produsen baterai untuk membuat baterai solid-state, untuk mobil-mobil listrik mereka dimasa mendatang.

Saat ini selain versi mesin konvensional, Honda juga menjual Fit hybrid. Sayangnya mobil ini hanya tersedia untuk pasar Jepang dan Malaysia saja. 



(UDA)