Lalu Lintas

Tekan Kecelakaan, Menhub Bakal Ubah Tanjakan Emen

M. Bagus Rachmanto 14 Maret 2018 16:08 WIB
lalu lintas
Tekan Kecelakaan, Menhub Bakal Ubah Tanjakan Emen
Rencana Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengubah konstruksi tanjakan Eman. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Tanjakan Emen di kawasan Kampung Cicenang, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, merupakan daerah rawan kecelakaan. Dalam beberapa tahun terakhir, kecelakaan yang merenggut korban jiwa, cukup banyak di sana. 

Bahkan, menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, kondisi jalan di tanjakan Emen tak layak lagi dilewati kendaraan dengan dimensi besar seperti bus dan truk. Ini akan dievaluasi karena menjadi salah satu lokasi yang sering terjadi kecelakaan.

Untuk itu Kementerian Perhubungan (Menhub) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana untuk mengubah kontruksi tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat. Nantinya jalan akan dibuat lebih landai agar aman dan nyaman. 

"Dinas Perhubungan Darat Jawa Barat sudah merekomendasikan untuk mengubah tanjakan itu agar tidak tajam dan lebih landai, serta adanya penambahan rambu-rambu peringatan. Saat ini sedang dalam proses perencanaan," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Rakornas Hubdat 2018 di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Budi berharap, dengan diperbaikinya konstruksi tanjakan Emen itu dapat menekan angka kematian karena kecelakaan lalu lintas. Termasuk penerapan standar keselamatan yang dilaksanakan dengan baik dan konsisten oleh semua pihak.


"Saya yakin apabila poin-poin evaluasi terhadap keselamatan dijalankan dengan baik dan konsisten di seluruh Indonesia, maka angka kematian karena kecelakaan akan turun drastis."



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id