Ilustrasi LCGC. Medcom.id
Ilustrasi LCGC. Medcom.id

Industri Otomotif

Siap-Siap, Bulan Depan Harga LCGC Naik

Otomotif mobil murah industri otomotif Pajak Kendaraan lcgc
Ekawan Raharja • 16 September 2021 14:00
Jakarta: Pemerintah akan memberlakukan skema Pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) terbaru yang berbasis kepada emisi gas buang. Efeknya sejumlah harga mobil akan mengalami kenaikan, termasuk mobil murah low cost green car (LCGC).
 
Perubahan skema PPnBM untuk kendaraan bermotor ini tertuang melalui Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 dan Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2021. Lebih detail, besaran PPnBM untuk mobil LCGC tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 pasal 25.
 
Pada Pasal 25 dalam aturan itu mengatur bahwa LCGC dikenakan tarif PPnBM sebesar 15 persen, namun dihitung dari Dasar Pengenaan Pajak (DPP) sebesar 20 persen dari harga jual. Hitung-hitungan ini bisa disederhanakan sebagai pengenaan PPnBM sebesar 3 persen buat LCGC dimana sebelumnya 0 persen.
 
Nah untuk status LCGC ini harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan;
 
a. motor bakar cetus api (bensin) dengan konsumsi bahan bakar minyak paling rendah 20 kilometer per liter atau tingkat emisi CO2 sampai dengan 120 gram per kilometer, untuk kapasitas isi silinder sampai dengan 1.200 (seribu dua ratus) cc; atau
 
b. motor bakar nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan konsumsi bahan bakar minyak paling rendah 21,8 kilometer per liter atau tingkat emisi CO2 sampai dengan 120 gram per kilometer, untuk kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 (seribu lima ratus) cc.
 
Pengenaan PPnBM 3 persen diyakini akan membuat harga LCGC semakin tinggi. Hingga saat ini masih ada sejumlah merek otomotif yang memasarkan mobil dengan skema LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun Wagon R.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif