Cek berkala AC mobil agar fit di segala cuaca dan bikin berkendara lebih nyaman Medcom.id/Ekawan Raharja
Cek berkala AC mobil agar fit di segala cuaca dan bikin berkendara lebih nyaman Medcom.id/Ekawan Raharja

Menyalakan AC Bikin Mobil Lebih Boros Bensin?

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 07 November 2019 12:10
Jakarta: Air Conditioner (AC) salah satu fitur wajib yang ada di mobil. Sebagai fitur kenyamanan, AC berfungsi untuk menyejukkan udara kabin saat musim panas, dan membantu menghilangkan embun yang mucul di kaca ketika hujan datang.Selain itu, dengan menyalakan AC mengemudi akan terasa lebih nyaman dan tubuh menjadi tidak mudah lelah.
 
Tetapi tahukah Anda, menyalakan AC ini juga bisa berkontribusi menyebabkan mobil jadi boros BBM. Berikut penjelasannya seperti ditulis website Suzuki.
 
Menyalakan AC memang bisa menyebabkan konsumsi BBM jadi lebih boros, terlebih saat Anda menyalakan AC di suhu paling dingin (rendah) dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, saat temperatur disetel pada suhu yang paling dingin, maka AC akan bekerja keras untuk bisa mencapai suhu tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti diketahui bahwa kinerja AC juga dibebankan pada mesin, dan dapat dipastikan mesin juga akan bekerja ekstra sehingga membuat konsumsi mesin terhadap bahan bakar menjadi lebih banyak, yang akhirnya akan menyebabkan konsumsi BBM menjadi boros.
 
Adakah solusi agar bisa tetap menggunakan AC namun tidak boros bensin?
-Kalau temperatur di dalam kabin mobil sudah terasa terlalu dingin, segera setel AC dengan menaikkan suhu temperatur.
-Jika udara di luar cukup sejuk (seperti saat pagi hari, malam hari atau Anda sedang berada di wilayah pegunungan yang sejuk), matikan AC dan buka kaca mobil.
-Saat cuaca panas, parkirlah mobil di tempat yang teduh. Agar saat akan digunakan lagi AC tidak akan bekerja terlalu berat.
-Saat masuk ke mobil, bukalah semua kaca untuk mengeluarkan udara panas dari kabin dengan cepat. Sehingga dapat mengurangi kerja AC untuk mendinginkan kabin.
-Jangan paksakan diri untuk tetap menggunakan AC dalam temperatur rendah, terlebih jika kalau tangki bensin mobil Anda hampir kosong.
 
Jika nekat, bukan kabin mobil yang akan terasa dingin tapi Anda justru harus kerja keras mendorong mobil yang kehabisan bahan bakar. Anda tidak mau hal itu terjadi bukan? Mari lebih bijaklah dalam menyalakan AC mobil mulai dari sekarang.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif