Teknologi Otomotif

Frit Punya Peran Penting di Kaca Mobil

M. Bagus Rachmanto 07 Februari 2018 10:27 WIB
teknologi otomotif
Frit Punya Peran Penting di Kaca Mobil
Frit adalah pola bintik yang terdapat di tepian kaca. AutoGlassAmerica
Jakarta: Penting menjaga dan merawat kaca depan mobil. Tapi sebeLum melakukan perawatan ada baiknya kita mengetahui apa saja yang terdapat di bagian kaca. Terutama bagian bintik-bintik hitam mengitari pinggiran kaca. 

Menurut laman resmi Nissan, bintik tersebut bernama frit. Bagian ini salah satu komponen yang sering diabaikan dalam sebuah mobil. Padahal, bagian ini merupakan kunci bagaimana menempelkan kaca depan ke bodi, karena kaca merupakan bahan yang sulit untuk ditempelkan dengan material lain, apalagi terhadap lapisan besi di frame bodi. 

Dalam prakteknya frit dipanaskan untuk menempelkan kaca depan ke bodi mobil, begitu juga bintik-bintik hitam yang mengelilinginya. Dikatakan, fungsi utama frit untuk memberikan permukaan yang membuat perekat menempel ke kaca. 


Ketika kaca depan dipasang, frit berperan sebagai titik temu antara kaca dan bingkainya. Permukaan frit mampu membuat perekat menempel dengan efektif sehingga kaca dan frame bisa menyatu.

Fungsi lain dari frit adalah sebagai pelindung radiasi sinar ultraviolet. Bagian luar frit melindungi perekat agar tidak terkena sinar matahari langsung. Tapi ada yang perlu diperhatikan, dalam jangka lama bagian tersebut akan melemah bila secara terus menerus terpapar sinar matahari langsung, yang tentu saja berpotensi membuat kaca depan terlepas dengan sendirinya.

Frit juga menyamarkan perekat yang digunakan untuk memasang kaca depan dan memberikan penampilan yang lebih bersih pada bagian tersebut. Efek bintik-bintik yang mengecil ke arah dalam memberikan kesan transisi yang lebih menarik dari bingkai hitam frit ke kaca depan yang transparan. Bintik-bintik tersebut juga memberikan efek penghalang sinar matahari meski hanya sedikit.

Beberapa pabrikan mobil bahkan memperluas pola bintik tersebut dari atas ke bawah di antara dua sun visor untuk membuat semacam “visor ketiga”. Bagian tersebut mampu mengurangi silau akibat sinar matahari yang tidak bisa tertutupi oleh dua visor utama. 

Dengan begitu, penglihatan pengemudi dan penumpang tidak akan terhalau. Beberapa pabrikan mobil bahkan memberikan logo perusahaan mereka atau desain unik lainnya untuk menggantikan pola bintik agar tidak lebih menarik.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360