Wujud L200 Strada (sebelum menjadi Triton) hadir dengan bentuk kabin ganda. Mitsubishi
Wujud L200 Strada (sebelum menjadi Triton) hadir dengan bentuk kabin ganda. Mitsubishi

Sejarah Otomotif

18 Tahun Perjalanan Mitsubishi Triton di Indonesia

Otomotif mitsubishi
Ekawan Raharja • 23 Agustus 2020 09:38
Jakarta: Sejumlah merek otomotif di Indonesia memang menawarkan mobil-mobil kendaraan komersial ringan, seperti pikap kabin ganda, untuk berbagai keperluan. Tidak sedikit yang sudah mulai gugur dan tidak menawarkan mobil tersebut, dan ada juga yang masih terus bertahan seperti Mitsubishi.
 
Merek berlogo tiga berlian tersebut sudah menawarkan pikap kabin ganda sejak 2002 hingga sekarang ini. Bahkan di tahun ini saja, mereka klaim berhasil mendominasi segmen pikap kabin ganda, dengan penguasaan 63,8 persen secara wholesales sejak Januari hingga Juni 2020.
 
"Mitsubishi Triton memiliki peran penting bagi beragam industri di Indonesia, utamanya adalah di sektor Pertambangan, Minyak dan Gas serta Perkebunan. Ketangguhan dan kehandalan terbukti telah dipercaya oleh penggelut bisnis hingga segmen hobi dengan populasi lebih dari 117,000 unit sejak pertama kali dihadirkan di Indonesia sejak tahun 2002 hingga saat ini," ungkap Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI), Ryoichi Inaba, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantas seperti apa sejarah mobil pikap kabin ganda berlogo tiga berlian ini di Indonesia?

L200 Strada (2002)

18 Tahun Perjalanan Mitsubishi Triton di Indonesia

Ini adalah generasi pertama dari Triton yang hadir di Indonesia pada tahun 2002. Wujud L200 Strada hadir dengan bentuk kabin ganda.
 
Memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia untuk kendaraan pikap yang tangguh, L200 Strada dibekali mesin 4D56 2.500 cc dengan teknologi Turbo Intercooler. Tenaga yang dihasilkan mampu hingga 100 daya kuda dengan torsi 245 Nm, didukung transmisi 5 speed manual dan 4 percepatan otomatis.
 
Ternyata dengan bekal ground clearance tinggi dan fitur turbo intercooler membuatnya juga digemari oleh kalangan off-roader. Mobil ini banyak digunakan oleh para kaum penghobi untuk berkendara melewati alam.

Strada Triton (2008)

18 Tahun Perjalanan Mitsubishi Triton di Indonesia
 
Pada tahun 2008 generasi kedua hadir dengan mengusung nama Strada Triton dan tentu terdapat perubahan total. Peningkatan signifikan terdapat di sektor mesin untuk varian GLS dan Exceed menggunakan mesin 4D56 2.500.cc berteknologi DOHC Turbodiesel Intercooler dan DI-D Common Rail. Sedangkan untuk varian GLX menggunakan mesin 4M40 berkapasitas 2.800 cc.

Di awal tahun 2010, Strada Triton mendapatkan minor facelift serta menambahkan tipe baru yaitu GLS AB kabin ganda dengan tambahan airbag dan rem ABS, sekaligus memperkenalkan fitur modern Easy Select 4WD.

Strada Triton Hi Power (2014)

18 Tahun Perjalanan Mitsubishi Triton di Indonesia
 
Enam tahun berselang, dihadirkan generasi terbaru Strada Triton Hi-Power pada 2014 di Indonesia yang mengusung mesin diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT). Hadirnya generasi terbaru ini juga lengkap dengan tampilan eksterior dan interior layaknya kendaraan penumpang kelas atas.
 
Strada Triton VGT Hi-Power dilengkapi dengan transmisi INVECS II 5-speed AT with Sport Mode yang memberikan perpindahan kecepatan yang halus serta dapat menciptakan profil kendaraan yang sesuai dengan karakteristik pengemudi. Kendaraan Double Cabin ini juga dilengkapi dengan Easy Select 4WD Shift-on-fly yang memungkinkan pengemudi memindahkan sistem penggerak 2WD ke 4WD saat kendaraan sedang berjalan (selama kecepatan masih di bawah 100 kilometer per jam).
 
Spesifikasi mesin yang ditawarkan masih serupa dengan varian sebelumnya, yaitu berkode 4D56 mesin 2.500 cc dengan VGT mampu menghasilkan tenaga sebesar 178 daya kuda dan daya puntir 400 Nm. Mesin dipadukan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 5 percepatan.
 

Mitsubishi New Triton (2019)

18 Tahun Perjalanan Mitsubishi Triton di Indonesia
 
Setahun berikutnya, Geng asal Pulomas Jakarta ini menghadirkan penyegaran terbaru untuk Triton dengan memasarkan New Triton di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Mobil ini sudah memiliki tampilan baru berkat desain khas Dynamic Shield.
 
Selain punya tampilan muka yang jauh lebih segar, generasi baru ini juga punya mesin baru. Mesin yang ditanamkan menggunakan mesin berkode 4N15 yang sama dengan milik Pajero Sport berkapasitas 2.400 cc, 4 silinder, MIVEC, turbo (VGT) +intercooler.
 
Tenaga yang dapat dihasilkan dari mesin ini mencapai 181 daya kuda. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi yakni 5 dan 6 percepatan manual, serta 6 percepatan otomatis.
 
New Triton hadir dengan enam varian, mulai dari varian tertinggi yakni Ultimate AT Double Cabin 4WD dan dibawahnya ada varian Exceed MT Double Cabin 4WD. Untuk dua varian double cabin lainnya yaitu GLS MT Double Cabin 4WD dan varian HDX MT Double Cabin 4WD. Sementara untuk dua varian yang mempunyai single cabin adalah HDX MT Single Cabin 4WD dan GLX HR MT Single Cabin 2WD.
 
Seluruh varian Triton diproduksi di pabrik Laem Chabang, Thailand. Triton di Indonesia berhasil meraih penjualan terbesar ketiga di dunia, setelah Thailand dan Australia. Di Indonesia, Mitsubishi Triton dengan penggerak empat roda menyumbangkan market share sebesar 65 persen.
 
(UDA)
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif