Dalam jangka waktu lama, pemakaian oli palsu akan menyebabkan noken as tergerus kemudian hancur. Suzuki
Dalam jangka waktu lama, pemakaian oli palsu akan menyebabkan noken as tergerus kemudian hancur. Suzuki

Tips Otomotif

Efek Jangka Panjang Pakai Oli Palsu

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 12 Agustus 2020 08:45
Jakarta: Pelumas atau oli memiliki fungsi untuk melumasi komponen yang bergesekan, peredam panas dan lain sebagainya. Karena sangat penting pemakaian oli asli sangat disarankan karena jika pemilik kendaraan memutuskan memakai oli palsu, risiko mesin kendaraan rusak menjadi sangat besar.
 
Pemakaian oli palsu sudah tidak perlu diragukan lagi bisa sangat merugikan karena bisa berefek merusak. Penggunaan jangka panjang, oli palsu mampu membuat kerusakan mesin menjadi sangat parah. Oli mesin palsu yang sudah pasti tidak sesuai dengan kebutuhan mesin, bisa berdampak mengerikan mesin karena gesekan yang terjadi pada komponen-komponen yang ada di mesin kendaraan tidak bisa diredam dengan baik.
 
Penggunaan oli palsu akan sangat terasa perbedaannya dalam jangka panjang. Harus diakui memang, untuk jangka pendek pemakaian oli palsu tidak akan terasa efeknya, tapi ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama maka oli palsu bisa merusak komponen mesin yang bergesekan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komponen-komponen yang biasanya menjadi korban dari pemakaian oli palsu dalam jangka panjang adalah piston dan dinding silinder. Kenapa? Karena komponen inilah yang bekerja keras dan menghasilkan gesekan dan panas yang tinggi.
 
Jika Anda memutuskan memakai oli palsu maka oli tidak mampu melumasi komponen ini dengan sempurna. Selain itu, bagian kepala silinder tempat klep, noken as, dan teman-temannya juga menghasilkan gesekan yang tinggi.
 
Dalam jangka waktu lama, pemakaian oli palsu akan menyebabkan noken as tergerus kemudian hancur. Oli palsu yang digunakan terus-menerus juga bisa menyebabkan endapan oli di bagian mesin.
 
Endapan inilah yang bisa menjadi salah satu biang kerok rusaknya mesin. Bila mesin sudah rusak maka pemilik mobil harus siap-siap mengeluarkan dana yang sangat banyak.
 
Tentu untuk menghindari penggunaan oli palsu, lebih baik untuk mengganti di bengkel resmi atau bengkel-bengkel yang sudah terpercaya. Kalau pelumas mesin kendaraan Anda sudah pasti asli?
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif