Mobil Baru

Vinfast, Gebrakan Vietnam di Pasar Otomotif Asia

Ekawan Raharja 13 September 2018 12:53 WIB
mobil baru
Vinfast, Gebrakan Vietnam di Pasar Otomotif Asia
Desain SUV perdana Vinfast. Vinfast
Vietnam: Industri otomotif Vietnam secara mengejutkan mempersiapkan mobil nasional. Mobil yang mengusung genre SUV tersebut yang menggunakan merek dan produksi yang dikembangkan oleh negara itu juga.

Nama Vinfast dipilih sebagai merek untuk mobil nasional tersebut. Pengembangan ini tidak terlepas dari campur tangan salah satu pengembang properti asal Vietnam, Vingroup, yang melakukan ekspansi bisnis ke industri otomotif.

Dikutip dari Channelnewsasia, menjelaskan tahap pertama pembangunan pabrik mobil mereka mencapai USD1,5 miliar atau sekitar Rp20 triliun. Diproyeksikan mobil ini akan menjadi kekuatan baru industri otomotif ASEAN, dengan memproduksi 500 ribu unit di tahun 2025.

Hanya untuk di tahun-tahun awalnya, Vingroup bakal memproduksi 100-200 ribu kendaraan. Tidak hanya mobil macam sedan atau SUV tetapi jua termasuk sepeda motor listrik.


Pabrik ini terletak di Haiphong dengan luas 335 hektar. Selain itu mereka juga sudah bekerja sama dengan membeli cetak biru mobil dan teknologi dari beberapa pabrikan top Eropa dan Amerika Serikat.

Carscoops memberitakan mobil pertama Vinfast bakal diluncurkan Oktober 2018. Model pertama yang diluncurkan pun adalah jenis sport utility vehicle (SUV).

Uniknya, SUV ini di desain langsung oleh rumah desain Pininfarina yang sudah terkenal merancang berbagai jenis kendaraan. Mereka membuat 20 desain mobil yang kemudian diserahkan kepada masyarakat Vietnam untuk dipilih sesuai dengan selera mereka.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id